oleh

Ketat, Pintu Pasang Sensor

//Guna Tingkatkan Layanan Publik

PRABUMULIH – Dinas Pendidikan mulai terapkan Pelayanan Publik seperti yang diatur dalam Undang Undang no 25 tahun 2009 tentang pelayanan public. Hal ini dimulai dengan memasang pintu sensor.

Dimana tidak semua orang bisa masuk sembarangan ke gedung tersebut, agar pelayanan publik di Dinas Pendidikan dapat berjalan sesuai dengan amanat Undang-Undang.

Berdasarkan Undang Undang No 25tahun 2009, tujuan pelayanan publik diantaranya terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik.

Terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik, terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik.

“Dan tentunya terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Semua orang yang berkepentingan harus melapor ke petugas, siapa yang akan ditemui dan perihal apa. Sebelum pintu dibuka oleh petugas,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd Msi.

Selain itu, lanjutnya penerapan ini juga memang sudah selayaknya di laksanakan, karena berdasarkan peratusan ombidsman nomor 22 tahun 2016, tentang penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik. “Artinya nanti semua pelayanan publik akan mendapatkan penilaian dari ombudsman, jadi kita harus menerapkan pelayanan publik semaksimal mungkin,” jelasnya.

Untuk pertama kali tambah Kusron, pihaknya menerapkan pemasangan pintu sensor, ada beberapa yang protes. Namun karena mendapatkan penjelasan semuanya dapat menerima. “Untuk saat ini anggaplah uji coba dan tidak terlalu ketat, namun kita sudah mengenalkan pada masyarakat agar tidak terjkejut, namun pada bulan Mei nanti, insyaallah semuanya akan berjalan seperti biasa,” tandasnya. (05)

Komentar

News Feed