oleh

Ini Kiat Sukses Prabumulih Bangun Rumah Tidak Layak Huni

 

 

PRABUMULIH – Keberhasilan Pemerintah kota (Pemkot) membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan menggunakan tanpa APBD mendapat apresiasi dari Kementerian Pekerjaan Rumah dan Pemukiman Rakyat (Kemen PUPR).

Tidak hanya sebatas diapresiasi, Kemen PUPR juga melakukan kunjungan lapangan guna belajar dari Prabumulih dalam rangka pengemasan dan penyelesaian masalah RTLH.

Kepala Sub Direktor Wilayah I, Firsta ST MUDD menerangkan, kalau kunjungan lapangan, belajar dari Pemkot dalam mengatasi RTLH.

“Setiap tahun, Kemen PUPR hanya mampu 200 ribu rumah saja,” akunya ketika menyampaikan sambutannya dalam rangka kunjungan lapangan ke Prabumulih dipusatkan di Gedung Kesenian Rumah Dinas (Rumdin), Kamis (29/4/2021).

Akunya, dengan resource ada. Kata dia, Kemen PUPR tidak mampu bekerja sendiri dalam menyelesaikan masalah RTLH.

“Makanya, kita mendorong Pemda berinovasi menyelesaikan pengemasan RTLH. Dengan belajar ke Prabumulih, bisa mendapatkan skema aplikasi, mengentaskan RTLH,” bebernya.

Harapnya, kunjungan lapangan bisa bermanfaat dan berguna dalam pengentasan masalah RLTH tidak hanya di Prabumulih. Tetapi juga, kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

“Intinya, kita mencontoh dari Prabumulih. Keberhasilannya, menyelesaikan RTLH tanpa APBD,” ucapnya.

Terpisah, Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, keberhasilan pembangunan RTLH tanpa APBD ini berkat dukungan seluruh stakeholder.

“Suksesnya pengemasan masalah RTLH ini, tidak hanya karena infak PNS di kelola Baznas,” terang Ridho, sapaan akrabnya sambil menyebutkan, sudah sekitar 4 ribuan RTLH dibangun dengan program APBD dan Non APBD.

Tidak hanya Pemkot saja, kata suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini gencar membangun RLTH dari APBD kota. Juga, ada program CSR perusahaan. Lalu, bantuan instansi vertikal dan lainnya.

“RTLH di Prabumulih ini, tinggal sedikit lagi. Dan, kita optimis hingga akhir masa jabatan masalah RTLH bisa dituntaskan masalah RTLH,” tukas ayah tiga anak ini. (03)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed