oleh

Buat Embung Swadaya

//GIB Makin Mantap jadi Tujuan Wisata

GIB – Selalu ada yang baru, terus berbenah dan inovatif itulah yang tertanam dibenak Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur Joko Arif AMd.

Betapa tidak, tak puas menyulap Kelurahan GIB yang sempat “mati suri” dan kini dikenali, berkat lahan tidur menjadi lahan produktif. Kini GIB kembali berinovasi dengan membuat embung, yang nantinya diharapkan menambah elok Kelurahan GIB.

Menariknya, embung yang tersambung langsung dengan gorong-gorong PT KAI itu dibuat secara swadaya oleh kelurahan dan masyarakat.

“Secara operasional, embung berfungsi mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman ataupun ternak dimusim kemarau dan mencegah banjir dimusim penghujan,” kata Lurah GIB Joko Arif AMd, Senin (3/5/2021).

Nah, didalam embung kata Arif, nantinya dapat disebar ikan untuk usaha perikanan. Yang bertujuan untuk mencegah perkembangan jentik nyamuk DBD.

“Mudah-mudahan upaya ini didukung, dibantu oleh perorangan atau pihak perusahan, yang peduli, atau kekompakan masyarakat yg peduli kebersihan aliran air,” harapnya.

Arif menuturkan, sejatinya kebersihan menjadi program utama dari kelurahan. Namun, ditunjang kekompakan dan keberhasilan dalam menjaga lingkungan membuat keinginan agar Kelurahan GIB menjadi wisata edukasi,agrowisata dan kunjungan DL semakin kuat.

“Sebelumnya kami sudah melakukan gerakan gelar kasih “gerakan pelestarian kali bersih”.Pembersihan aliran air, yang banyak sampah dan gorong gorong yang terdapat endapan tanah dan kayu. Kemudian gorong gorong yang dulunya tak banyak tau, sekarang jadi yemoay spot foto. Itulah keinginan kami bila terus dikelola kawasan GIb menjei sarana edukasi, ekonomi, dan agrowisata. Apalagi ada air yg jernih sangat susah di temui ditemui di aliran kota,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed