oleh

Arus Mudik, Petugas Kesehatan Siaga, Siapkan Alat Tes Antigen di Posko

 

PRABUMULIH – Dalam upaya penyekatan antisipasi arus mudik sebagai pencegahan penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Prabumulih akan disiagakan di posko-posko pengamanan.

Adapun pos pelayanan (Yan), nantinya di 4 titik. “Dinkes (posko pelayanan) akan ikut dengan posko PAM polisi. Pos di Tugu Air Mancur, Pasar, Bawah Kemang dan Tugu Tani, ” kata Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo T MPH melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ersyika Aryani, Senin (3/5/2021).

Nah, disetiap posko ungkap Ersyika, kemungkinan akan disiapkan alat tes gratis. Selain itu,  pos Yan akan bergabung dengan tim dari gugus tugas Covid-19. “Kemungkinan besar ada disetiap posko, dibekali alat tes antigen. Tapi untuk jumlahnya masih dikoordinasikan,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan lanjut Ersyika dimulai H-7. “Hasil rapat kemarin H-7, tapi masih menunggu instruksi dari polisi. Sementara untuk penyekatan untuk masuk ke Prabumulih harus menyertakan surat keterangan sehat dan antigen,” lanjut perempuan yang pernah memimpin Puskemas Tanjung Rambang  ini.

Disinggung mengenai tenaga kesehatan yang diterjunkan. Ersyika menuturkan setiap petugas ada 3 orang. “Per shift 3 orang dilengkapi ambulan yang standby,” tuturnya menyampaikan pelayanan UGD di puskesmas tetap buka 24 jam.

Sementara ditanya, terkait keberadaan pos Yan yang biasanya digunakan oleh pemudik untuk istirahat dan periksa kesehatan. Dengan adanya larangan mudik, apakah fungsi pos Yan masih seperti sebelumnya? “Kalau dari segi kesehatan masih untuk pelayanan,edukasi pemudik, mungkin ditambah pemeriksaan yang intent oleh pihak polisi dan yang terkait,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed