oleh

Ajarkan Siswa Shalat mulai dari Berwudhu

PRABUMULIH – Berada pada bulan ramadhan, kegiatan belajar mengajar juga dikaitkan dengan aktivitas ibadah. Hal ini juga seperti yang diterapkan oleh guru Kelas 1 SD Luar Biasa Negeri Kota Prabumulih, Eva Mayasari SPd.

Pelaksanaan pengenalan aktifitas shalat dilakukan mulai dari memperkenalkan alat yang digunakan, seperti sarung dan peci untuk pria, serta mukena untuk wanita. Tatap cara berwudhu yang benar sebelum melaksanakan rukun dan syarat shalat yang sah.

“Meskipun mereka belum bisa melaksanakan secara benar setidaknya mereka harus mengetahui rangkaian yang harus dilakukan langkah demi langkah, terhadap pelaksanana shalat yang baik dan benar,” jelasnya.

Diakuinya selama ramadhan, dirinya tidak terlalu memaksakan anak untuk sekolah, namun saat siswa datang ke sekolah langsung diberikan pengetahuan baru yang langsung diminta untuk lebih mandiri dan dapat melaksanakan aktivitas apapun di usia siswa kelas 1 SD secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

“Kita juga mengenalkan dengan anak-anak hal yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari hari. Seperti perlengkapan mandi, sikat gigi, sabun hingga barang yang digunakan dalam kehidupan sehari hari,” bebernya.

Lebih jauh wanita berjilbab ini mengatakan, untuk menghadapi anak-anak harus memiliki tip dan trik agar anak merasa asyik saat berada di sekolah, dan salah satu cara yang dilakukan adalah mengajak anak didik untuk belajar sambil bermain.

“Saat menyampaikan materi yang harus dicerna siswa, kita harus menyampaikan dengan cara bermain danmenciptakan suasana yang menyenangkan. Apalagi yangkita hadapi adalah anak yang berkebutuhan khusus, yang penting niatkan semuanya untuk ibadah agar dapat melaksanakan tugas dengna ikhlas dan enjoy,” tandasnya. (05)

Komentar

News Feed