oleh

Zakat Fitrah, Beras 2,5 Kg atau Uang Rp 25 Ribu

-Metropolis-367 views

PRABUMULIH – Tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prabumulih mengingatkan, agar umat muslim tidak lupa melaksanakan rukun islam ke-4 yaitu membayar zakat fitrah.
Tujuan zakat fitrah tak lain untuk mensucikan diri, sebelum merayakan hari raya Idul Fitri. Ketua Baznas, H Najamuddin SAg melalui Wakil Ketua, H Ibnu Hajar SAg menerangkan, kalau masyarakat boleh membayar zakat fitrah dengan 2,5 kg beras atau uang Rp 25 ribu perkepala. Zakat fitrah sendiri bisa dibayarkan secara langsung kepada penerimanya atau melalui Unit Penerima Zakat (UPZ), dan juga pihaknya.
“Tinggal pilih saja mau bayar zakat beras 2,5 kg atau uang Rp 25 ribu. Kalau uang jangan kurang Rp 25 ribu, kalau lebih boleh saja,” terang Benu sapaan akrabnya kepada koran ini, Senin lalu (30/5).
Lanjutnya, Baznas sendir akan menyebarkan surat edaran kepada 160-an masjid di kota ini. Supaya, segera membentuk UPZ untuk memudahkan masyarakat membayar zakat.
“UPZ bukan hanya menerima zakat fitrah, tetapi juga zakat mal yang disumbangkan masyarakat untuk dikelola. Penyaluran zakat fitrah, diutamakan kepada fakir miskin. Bukan, untuk pembangunan masjid,” bebernya.
Ucapnya, berbeda zakat mal. Ia tidak mempermasalahkannya, jika untuk pembangunan masjid. Selain itu, ia meminta UPZ melaporkan hasil pengumpulan zakatnya.
“Nantinya, hasil pengumpulan UPZ tersebut akan kita serahkan ke Baznas Provinsi. 25 persen pengumpulan zakat mal, disetorkan ke kita (Baznas). Sisanya, dikelola UPZ,” jelasnya.
Mantan Guru ini menghimbau, agar umat muslim membayar zakat fitrah sebelum sholat ied. Karena, jika dibayar setelah sholat namanya sedekah. Begitu juga dengan UPZ dan Baz, agar menyalurkan zakat sebelum sholat ied.
“Kita minta kepada umat muslim dan juga pengumpul zakat, agar membayar dan membagikan zakat sebelum sholat ied,” ucapnya. (03)

News Feed