oleh

Waspada Konflik Sosial dan Gangguan Sikon

PRABUMULIH – Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM mengingatkan, untuk mewaspadai konflik sosial karena bisa menganggu situasi dan kondisi (Sikon) di Kota Nanas ini yang selama ini relatif aman dan kondusif.

“Jangan sampai, gara-gara berita bohong atau hoax. Dan juga, terprovokasi memicu gangguan, bisa merusak sikon di Bumi Seinggok Sepemunyian ini,” ungkapnya ketika memimpin rapat kordinasi (Rakor) mengantisipasi konflik sosial dan kewaspadaan dini di Moms Kitchen, Rabu (6/11) bersama ormas di Kota Migas ini.

Harapannya, kata Elman, kerja sama baik antara semua pihak bisa menjaga dan mencegah, konflik timbul disebabkan sesuatu hal tidak diinginkan.

“Jika terjadi, jelas konflik sosial bisa merugikan. Makanya, harus dideteksi secara dini agar bisa dilakukan pencegahan,” terangnya.

Point pentingnya, ormas di kota perlintasan ini hendaknya punya peran serta dalam menjaga sikon tersebut.

“Kalau semuanya kompak, aman dan damai. Konflik sosial bisa dihindari,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol), Martodi HS SH MM mengatakan, rakor ini sengaja digelar dalam rangka merapatkan barisan, pembentuk forum ormas.

“Tujuannya, tidak lain untuk mengantisipasi konflik sosial di masyarakat. Juga, sebagai kewaspadaan dini untuk antisipasi dan pencegahannya,” akunya.

Lanjutnya, lewat forum ormas ini diharapkan peran aktif ormas dalam mencegah konflik sosial bakal timbul.

“Forum ormas ini, kita picu untuk meningkatkan peranan ormas di kota ini,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed