oleh

Warning Dana Kelurahan Jangan Disalahgunakan

PRABUMULIH – 13 dari 25 kelurahan, sudah diserahkan secara simbolis dana kelurahan yang dikucurkan Pemerintah pusat, untuk tahap pertama. Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mewanti, agar dana kelurahan yang telah diserahkan secara simbolis. Kata dia, hendaknya dikelola dengan baik secara transparan dan terbuka.

“Jangan sampai dana kelurahan, disalahgunakan. Apalagi, dana kelurahan ini baru pertama kali disalurkan dan Prabumulih paling cepat pencairannya,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Rabu (17/7).

Sudah ditekankannya, pengelolaan dana kelurahan harus swakelola melibatkan masyarakat. Agar hasilnya, jauh lebih baik. Selain itu, masyarakat bisa ikut mengawasinya secara langsung. “Kita simboliskan, agar masyarakat tahu berapa dana kelurahan yang diberikan. Lalu, ikut mengawasi proses pengunaan dan pengelolaannya,” aku orang nomor satu di Kota Nanas ini.

Ayah tiga anak ini mengungkapkan, lurah harus mencontoh pengelolaan dana desa yang telah berhasil dan bahkan beberapa desa mendapatkan predikat terbaik dalam pengelolaannya. “Kalau terbaik, nantinya tahun depan dana kelurahan bisa bertambah. Lebih banyak lagi, program pembangunan bisa dilakukan,” bebernya.

Apalagi, kata dia, tujuan dan sasaran utama pengelolaan dana kelurahan, untuk mendorong kemajuan pembangunan di kelurahan dan juga kesejahteraan masyarakatnya. “Makanya, harus benar-benar dikelola dengan transparan dan terbuka. Sehingga, masyarakat mengetahui,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed