oleh

Warga Sekolah Bawa Air dari Rumah

-Pendidikan-75 views

PRABUMULIH – Akibat dari kemarau yang sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, beberapa sekolah yang ada di Kota Prabumulih mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Diantaranya seperti yang terjadi di SMAN 4 Prabumulih.

Pantauan koran ini, air sumur memang masih ada namun jumlahnya sudah sangat sedikit, karena kedalaman yang memang sudah tidak terjangkau membuat air tidak bisa lagi disedot. Belum lagi posisi penampungan air yang berada di ketinggian, membuat air susah naik.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan air bersih pihak sekolah sudah memberikan himbauan agar warga sekolah, yakni para siswa membawa air sendiri, minimal 1 botol untuk keperluan masing masing. Untuk buang air kecil, dan untuk wudhu.

” Sejak dua Minggu terakhir keluarga besar sekolah sudah membawa air untuk memenuhi kebutuhan masing-masing,bukan hanya siswa namun juga para guru. Selebihnya baru untuk menyiram tanaman jika tidak habis untuk pemenuhan kebutuhan setiap hari,”kata Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Prabumulih, Dahril Aminmin MPd

Sedangkan perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Kota Prabumulih, hanya hidup sore hari. Sehingga para guru harus standby saat waktunya air ledeng hidup untuk mendapatkan jatah, jika tidak maka pihak sekolah tidak akan kebagian. “Kekeringan ini memang sudah menjadi permasalahan bersama dan keadaan ini adalah faktor alam sehingga kita tidak bisa menghindarinya,” bebernya.

Sementara pantauan koran ini beberapa tumbuhan yang ada di sekitar sekolah sudah banyak yang mengering karena sudah lama tirak tersiram. “Jangankan untuk menyiram tanaman untuk memenuhi kebutuhan wudhu saja kita sudah susah saat ini, karena air sumur sudah tidak bisa lagi di sedot. mudah-mudahan air ledeng lancar sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan di sekolah, “tambah Sutopo SPd Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Prabumulih.(05)

Komentar

News Feed