oleh

Warga Pasang Portal Halangi Mobil Limbah Batubara Melintas

PRABUMULIH – Agar mobil angkutan limbah batubara tidak lagi melintas, warga Jalan Bukit Patih Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat memasang portal. Informasi dihimpun koran ini, pemasangan portal di Jalan Pertamina itu telah mendapatkan restu atau izin dari PT Pertamina EP (PEP) Asset 2. Lurah Patih Galung, Sopyan Hadi dikonfirmasi menerangkan, pemasangan portal itu bentuk komitmen warganya menegakkan aturan. Karena, apa pun namanya batubara tidak boleh melintas di jalan umum.

“Kita sangat mendukung, apa telah dilakukan warga kita. Portal itu, jelas menghalangi mobil angkutan limbah agar tidak lagi berani melintas. Pasalnya, selama ini warga cukup kesal. Apalagi jalan rusak dan berdebu,” akunya kepada awak media, Selasa (30/7). Dijelaskannya, selama ini tidak ada pertanggung jawaban dan kontribusi. Baik dari PT GHEMMI selaku pemilik limbah batubara ataupun pihak ketiga mengangkut limbah, jika jalan rusak.

“Malahan Pertamina sendiri memperbaiki jalan. Kalau warga kecelakaan akibat jalan rusak, warga tidak bisa ke kebun, dan lainnya. Apakah PT GHEMMI mau bertanggung jawab, puncak kekesalan warga jelas disebabkan tidak ada kontribusinya,” terangnya. “Jalan tersebut menjadi andalan warga ke kebun, kalau rusak jelas warga sendirilah yang susah,” pungkasnya.

Senada juga dibenarkan Camat Prabumulih, Eny Kusnawati. Ia menyebutkan, warga sah-sah saja menyalurkan hak dan aspirasinya memblokir jalan dengan memasang portal. “Akibat dampak keresahan dan keluhan, melintasnya mobil limbah batubara. Tetapi, kita ingatkan untuk tidak anarkis,” pesannya. Mantan Lurah Pasar I ini mendukung penuh apa yang dilakukan warganya, demi kepentingan bersama. “Menurut saya, itu langkah tepat menjawab keluhan warga,” bebernya. (03)

Komentar

News Feed