oleh

Warga Pangkul Masak Dodol, untuk Sedekah Dusun

-Kecamatan-20 views

PANGKUL – Desa Pangkul Kecamatan Cambai, akan mengadakan sedekah dusun, Minggu (20/12/2020) sebagai peringatan HUT Pangkul ke 742.

Nah, menjelang sedekah dusun yang merupakan tradisi sejak lama ini. Masyarakat tengah melakukan persiapan, mulai memasak makanan wajib yakni dodol. “Masyarakat pangkul sedang membuat dodol, sebagai ciri khas tradisi yang sudah turun temurun,” kata Kepala Desa Pangkul Jakaria Yadi SH.

Nantinya ungkap Jaka-begitu disapa- kudapan yang dibuat masyarakat , akan dihidangkan saat hari H. Dimana nantinya, masyarakat akan tumpah ruah mengunjungi Desa Pangkul layaknya lebaran. “Setiap rumah menyiapkan makanan, seperti hari Lebaran. Dan sekaligus silaturahmi sesama masyarakat. Dan biasanya  Masyarakat dari luar Desa yang mempunyai keluarga dan kawan – kawan juga datang,” jelasnya.

Lebih lanjut Jaka menyampaikan, di hari Minggu saat hari H masyarakat akan menggelar yasinan bersama. “Sebagai tanda bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Bahwasanya sedekah desa ini adalah sebagai bersyukur kepada Tuhan dan meningkatkan silaturahmi sesama masyarakat. Baik masyarakat Pangkul sendiri dan masyarakat di luar Desa Pangkul,” tuturnya.

Dan seperti peringatan HUT Pangkul tahun-tahun lalu, HUT Pankul ke 742 juga direncanakan akan dihadiri oleh Pemerintah Kota Prabumulih. “Dan Insya allah juga orang nomor satu Sumsel, akan hadir di Desa Pangkul,” tukas Jaka.(08)

 

 

Komentar

News Feed