oleh

Warga Malas Antri Bayar PBB

  • Mabes Buka 5 Posko

Prabumulihpos.co.id/MANGGA BESAR – Kesadaran wajib pajak untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), di Kelurahan Mangga Besar (mabes) Kecamatan Prabumulih Utara meningkat.

Nah, hal itu tak lepas dari upaya pihak Kelurahan yang bekerjasama dengan Ketua RT RW mendirikan 5 titik posko pembayaran PBB. Melalui posko itu, warga bisa membayar PBB dengan dititip ke ketua RT untuk di setor ke bank atau kantor pos.

“Sebenarnya awal bulan November, posko pembayaran PBB dengan menitip pembayaran melalui RT itu sudah ada,” kata Lurah Mangga Besar Asniliaty SSI MSI belum lama ini.

Disampaikan Asni – begitu disapa – pendirian posko tersebut hasil dari sosialisasi ke rumah – rumah warga. Dari hasil sosialisasi itu, diketahui wajib pajak terkendala untuk datang ke bank.

“Kita datangi rumah warga, kenapa kok banyak tidak bayar. Ternyata banyak warga malas untuk antri baik ke pos maupun ke bank. Sementara Mabes salah satu kelurahan dengan capaian PBB masih rendah. Sejak itulah muncul inistiatif membantu warga,” terangnya menyampaikan setiap keliling sosialisasi PBB didampingi oleh Kasi Pemerintahan Henny Trimanda Sari SIP.

Saat ini ungkap Asni,  sejak ada posko masyarakat antusias membayar pajak. Bahkan ada yang langsung membayar hingga 10 tahun kedepan. “Ada yang langsung lunasi PBB 4 tahun dan 10 tahun, nitip ke RT atau RW,” ungkapnya menambahkan pendirian posko juga sudah berkoordinasi dengan Camat Prabumulih Utara.

Disinggung apakah keberadaan posko PBB, dengan sistem pembayaran nitip melalui RT akan rawan pungli? Menurut Asni, hal itu tidak akan terjadi. “Insyaallah tidak, karena RT sudah mengerti tugas dan tanggung jawabnya. Mereka juga harus bekerja ikhlas, malah banyak juga RT yang nalangi dulu, karena setorannya kurang,” tuturnya mengatakan meski posko didirikan di 5 titik, namun 30 RT tetap bisa melayani pembayaran PBB ke bank.

Dalam kesempatan itu, Asni berharap agar kiranya capaian PBB Kelurahan Mangga Besar bisa mencapai target. “Mudahan-mudahan realisasinya bisa naik, karena kalau sekarang masih rendah yakni 43,82 persen,” tukasnya pemasangan posko juga dihadiri oleh ketua UPTD PBB Kecamatan Prabumulih Utara Irma Suryani.(08)

 

Posko pelayanan pelunasan PBB di Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara

  1. Kantor Kelurah Mangga Besar
  2. RW 01 Jalan Pandean
  3. RT 05 Jalan Dul Mubin
  4. RT 08 Jalan Mayor Iskandar
  5. RT 30 Jalan Jambat Akar

Komentar

News Feed