oleh

Warga Karang Raja Diringkus Polda Sumsel. Jual Hewan Langkah Lewat Medsos

-Ringkus-125 views

PRABUMULIH – Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel berhasil mengungkap penjualan hewan langkah lewat media sosial (medsos), yaitu Facebook (FB). Tersangkanya, Junius Mustofa (20),warga Jalan Sepatu Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur Kota berhasil diringkus petugas.Tersangka ditangkap di kediamannya, Kamis (12/9), sekitar pukul 12.30 WIB.

Tidak hanya tersangka diamankan, petugas juga mengamankan barang bukti satwa lindung hendak dijual oleh tersangka, yakni 2 ekor hewan Binturong, 1 ekor Kera Owa Ungka dan 1 ekor Siamang. Informasi dihimpun koran ini dari sumber kepolisian, kalau pengungkapan kasus ini merupakan hasil dari penyelidikan berdasarkan postingan menjual satwa lindung dilakukan oleh tersangka di salah satu grup FB.

Setelah dipastikan benar, dan mengetahui keberadaan tersangka. Petugas akhirnya bergerak ke Prabumulih, dan melakukan penangkapan di kediamannya. Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MM dikonfirmasi tidak menampik hal itu. Informasi dilakukan, jajaran Polres Prabumulih ikut dalam pengerbekan di kediaman tersangka. “Kita cek dulu yah, nanti kita kabari,” ucapnya.

Akibat penjualan hewan langkah tersebut, tersangka sendiri dikenakan dan dijerat Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 Tentang KSDAE Pasal 40 Jo Pasal 21 ayat 2 huruf (a). Dan, tersangka diancam hukuman pidananya 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 100 juta. Sementara itu, Lurah Karang Raja, Gunawan membenarkan, kalau ada warganya ditangkap karena menjual satwa di lindungi. “Kita dapat informasi dari warga demikian, infonya warga kita sudah dibawa ke Polda Sumsel untuk proses lebih lanjut,” bebernya. Gunawan berharap, tidak ada lagi warganya terjerat hukum. Dan, imbaunya agar warganya patuh dan taat hukum. “Ini harus dijadikan pelajaran berharga, kalau satwa di lindungi tidak boleh diperjual belikan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed