oleh

Warga Hadang Truk Limbah Batubara

-Metropolis-91 views

PRABUMULIH – Kesal jalannya rusak dan berdebu, akibat kerap kali melintas truk tangki pengangkut limbah batubara milik PT GHEMMI. Sabtu (27/7), warga Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat di Jalan Pertamina melakukan aksi penyetopan terhadap mobil tangki pengangkut limbah batubara tersebut.

Lurah Patih Galung, Sofyan Hadi dikonfirmasi membenarkan, aksi penyetopan mobil tangki pengangkut limbah batubara tersebut. Ia menjelaskan, baik mobil angkutan batubara atau limbahnya sudah tidak bisa melintasi di Jalan Umum, harus melintasi jalan khusus milik diri sendiri.

“Apa yang dilakukan warga kita sudah benar, apalagi akibat seringnya melintas mobil tersebut jalan warga jadi rusak dan berdebu. Kalau, rusak PT GHEMMI sendiri tidak mau tanggung jawab,” akunya kepada koran ini.

Warga sendiri, tidak melarang melintas mobil umum dan milik PT Pertamina melintas. Yang dilarang, kata dia, hanya mobil angkutan batubara dan termasuk dengan limbahnya. “Jalan tersebut merupakan, jalan menuju kebun karet warga sebagai tempat mata pencahariannya,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, wajar saja warganya marah. Selama ini, PT GHEMMI tidak memiliki kontribusi kepada warganya. Kata dia, memang jalan yang dilalui milik PT Pertamina. Jika ada kerusakan, Pertamina yang memperbaiki bukan GHEMMI.

“Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, selain berkordinasi dengan masyarakat dan Ketua RT/RW di lokasi tersebut. Kita juga berkordinasi dengan aparat penegak hukum. Baik Polsek Prabumulih, Dishub, Koramil dan POM serta lainnya,” ucapnya.

Mobil tersebut, sempat ditahan warga dan mau diambil pemilik mobil. Tetapi, warga menolak menyerahkannya, akhirnya menghindari anarkis warga. Terpaksa, mobil tersebut diamankan ke Mapolsek Prabumulih Barat oleh anggota. “Iya, mobil tangki tersebut. Kini sudah diamankan di Mapolsek Prabumulih Barat,” tukasnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH dikonfirmasi melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Mursal Mahdi SE MM didampingi Kanit Reskrim, Ipda Darmawan membenarkan kalau mobil tangki tersebut sudah diamankan.

“Mendapat informasi adanya pemblokiran jalan, langsung kita terjunkan personel. Sebagai tindakan antispasi di lokasi, agar warga tidak berbuat anarkis tersulut emosi,” terangnya. Kata dia, demi keamanan, akhirnya mobil tangki distop warga tersebut diamankan dan digiring ke Mapolsek Prabumulih Barat. “Ada di Mapolsek mobilnya kini, sudah dibawah anggota untuk diamankan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed