oleh

Warga Bingung Buang Sampah, Muncul TPS Liar

-Kecamatan-28 views

//Sejak TPS Depan KIR Ditutup

PRABUMULIH – Penutupan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) depan KIR, Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur, yang tak menyiapkan lokasi pengganti dinilai tak memberikan solusi dalam mengatasi sampah.

Betapa tidak, sejak TPS ditutup banyak bermunculan TPS liar. Bahkan banyak masyarakat yang bingung dan kesulitan untuk membuang sampah.

“Jadi bingung sekarang nak buang sampah dimano, kalau dulu di TPS Kir. Sekarang dak lagi,” kata Rachman salah satu warga Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur.

Ia berharap, segera ada TPS pengganti. Sebab menurutnya, bila tidak banyak masyarakat akan membuang sampah sembarang. “Ini bae sudah banyak sampah bececeran di jalan Bukit Lebar. Apolagi yang kami dak langganan sampah bingung nak buang kemano. Nak ke TPA Sungai Medang dak mungkin,” bebernya.

Keluhan juga disampaikan oleh masyarakat yang tinggal di Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan. “Sejak TPS tutup, motor sampah jadi jarang ambek sampah. Olehnyo susah nak ke TPA itu, jadi kadang sampah kami numpuk dan bau,” tutur Warsi.

Petugas motor sampah membenarkan h tersebut. Menurutnya, agak kesulitan untuk ke lokasi TPA terlebih dengan kondisi motor sampah yang sudah tak lagi memadai. “Jadi susah sekarang, nak angkut sampah warga. Apalagi kalau hujan jalan ke sana (TPA) susah,” ucap petugas yang enggan namanya disebutkan.

Pantauan koran ini, sejak TPS Karang Raja ditutup TPS liar kembali muncul di sekitar rel bakaran. “Lah seminggu ini penuh sampah dan bau, olehnyo yang TPS tempat biaso galak buang sampah sudah tutup,” kata sejumlah warga.

Terpisah, Lurah Kelurahan Karang Raja Jusmairi dikonfirmasi mengutarakan, pihaknya akan berkoodinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman untuk mencarikan lokasi TPS pengganti. “Kita masih mencari lahan pengganti, nanti akan kami koordinasikan dengan Perkim,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat volume sampah yang sering over kapasitas, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di depan KIR Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur akhirnya ditutup.

Penutupan TPS, ditandai dengan telah dipasangnya pagar di sekitar lokasi yang sebelumnya dipenuhi sampah.

Kepala Dinas Perkim Bustomi SE, melalui Kabid Penyehatan Lingkungan Permukiman Muslim SE menuturkan ditutupnya TPS lantaran kondisi di lokasi sudah tak layak. Kapasitas sampah yang masuk sudah tak tertampung. Jadi ditutup,” katanya menyatakan penutupan tersebut sudah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Karang Raja.

Muslim mengungkapkan, sampah yang menumpuk di TPS tersebut bukan hanya sampah rumah tangga. “Sering kedapatan kendaraan CV, PT  buang sampah di sana,” ucapnya.

Bahkan saat pembersihan kata dia, setidaknya terdapat 12 truk sampah disekitar TPS. “Waktu pembersihan sebelum ditutup, hampir 50 meter panjang hamparan sampah yang dibersihkan,” ujarnya.

Nah, dengan ditutupnya TPS. Pria yang pernah menjadi Lurah Muara Dua ini berharap agar sampah langsung di buang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). “Jadi masyarakat agar berlangganan motor sampah, dan langsung buang ke TPA Sungai Medang,” pesannya.(08)

 

Komentar

News Feed