oleh

Warga Bantaran Sungai Diminta Waspada

-Metropolis-64 views

PRABUMULIH – Musim kemarau, masalah kekeringan dihadapi warga kota ini. Sebaliknya, saat musim hujan datang, warga dihantui banjir.

Khususnya, wilayah sepanjang bantaran Sungai Kelakar (Mulai Kelurahan Prabumulih hingga Desa Pangkul), Sungai Rambang (Kelurahan Tanjung Rambang dan Desa Jungai), dan Sungai Lematang (Kelurahan Payuputat).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Drs A Heriyanto MM mengimbau, agar warga waspada dan berhati-hati pada musim hujan ini.

“Jangan nyenyak tidur, khususnya warga bantaran sungai. Banjir sewaktu-waktu mengancam, akibat meluapnya air sungai disebabkan curah hujan mulai intens belakangan ini,” ujar Heriyanto kepada awak media, Selasa (8/10).

Ungkapnya, banjir ini sendiri merupakan kejadian tahunan di kalau hujan turun cukup inten membasahi Kota Nanas ini.

“Inikan hampir setiap tahun kejadiannya. Hendaknya, dijadikan pelajaran bagi warga. Jika terjadi banjir, 1 x 24 tidak surut laporkan ke Ketua RT/RW dan dilanjutkan kepada kita. Kita cek, baru kita salurkan bantuan,” jelasnya.

Sambungnya, juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Lantaran, itulah penyebab banjir dan akhir masyarakat sendiri juga rugi.

“Tim penanggulan banjir sudah kita siapkan ada Tagana. Berikut bantuan korban banjir, sudah kita anggarkan setiap tahunnya. Kalau kejadian banjir, seperti tahun sebelumnya tinggal menyalurkan,” tukasnya.

Dia mengingatkan warga, agar tidak membiarkan anak-anak bermain di sungai. Karena, kedalaman air makin dalam di kala hujan.

“Ditakutkan anak-anak akan tenggelam, kejadian ini sudah sering terjadi. Makanya, harus kita ingatkan jangan sampai ada korban di musim hujan kali ini,” tandasnya. (03)

Komentar

News Feed