oleh

Warga Bangun Poskamling Swadaya

-Metropolis-258 views

PRABUMULIH – Warga di Perumnas Griya Medang Permai RW 09 Kelurahan Sungai Medang, Kecamatan Cambai kemarin (13/3) bergotong royong membangun pos keamanan lingkungan atau dikenal poskamling.

Ketua RW 09, Suhardiman menerangkan, pembangunan poskamling ini dilakukan secara swadaya dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan terutama aksi pencurian yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

“Dana pembangunan poskamling ini tidak terlepas dari sumbangan dan swadaya masyarakat RW 09, di antaranya antuan 1,000 batu bata dari Babinkamtimas Kelurahan Sungai Medang. Kalau pembangunannya warga kita melakukannya secara gotong royong,” kata Idi sapaan akrabnya dibincangi koran ini, kemarin di sela pembangunan poskamling induk tersebut, kemarin (13/3).

Sambungnya, setelah selesai dibangun dua minggu ke depan. Poskamling induk ini akan segera difungsikan, dan melibatkan masyarakat untuk mengaktifkannya.

“Berdirinya poskamling ini, nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Guna menekan angka kriminalitas pencurian, dan lainnya di sekitar lingkungan kita,” ucapnya.

Tokoh Masyarakat Perumnas Griya Medang Permai, Agu Pardiansyah menambahkan, berdirinya poskamling ini sangat penting demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

“Berdirinya poskamling diharapkan bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ini bentuk sumbangsi masyarakat ikut menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat,” kata dia.

Menurutnya, pihaknya tetap akan meminta bimbingan jajaran Polres Prabumulih dalam pengoperasian poskamling ini. Guna mendukung program Polres Prabumulih, menekan angka kriminalitas di lingkungan masyarakat. “Sangat bermanfaat sekali berdirinya poskamling ini,” tukasnya.

Camat Cambai, Muktar Edi SSos mengatakan, pihaknya mengapresiasi warga RW 09 di Perumnas Griya Medan Permai yang telah mempelopori pembangunan poskamling. Sehingga, bisa ditiru dan dicontoh oleh RW-RW lainnya.

“Semoga pembangunannya berjalan lancar, sehingga bisa difungsikan dan dimanfaatkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat sendiri,” pesannya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM mengatakan, kalau masyarakat adalah mitra polisi. Atas pembangunan poskamling induk ini secara swadaya, sangat terbantu tugas polisi dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Dibangunnya poskamling ini, bukti adanya sinergis Babinkamtimas dengan masyarakat. Kita apresiasi adanya poskamling ini, mari kita jaga ketertiban dan keamanan secara bersama-sama. Sehingga, lingkungan menjadi aman dan jauh dari kerawanan,” tukasnya.

Andes menyebutkan, Babinkamtis akan selalu melakukan kordinasi dengan masyarakat ketika selesainya poskamling tersebut. “Jika ada apa-apa soal terkait kriminalitas, silakan laporkan ke Babinkamtimas kita akan ditindak lanjuti. Kita minta masyarakat untuk bergantian menjaga poskamling tersebut,” pungkasnya. (06)

News Feed