oleh

Wako – Wawako Panen Sayuran Hidroponik

PRABUMULIH – Budidaya sayuran menggunakan sistem hidroponik, menjasi solusi bertani di lahan sempit.

Seperti yang ditunjukkan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM ketika melakukan panen aneka sayuran di halaman belakang Pemkot, menggunakan budidaya hidroponik.

“Sekecil apapun lahan, jika dimanfaatkan secara maksimal bisa bermanfaat dan bernilai ekonomis. Manfaatkan lahan kecil, untuk menanami aneka sayur mayur,” ujar Ridho, sapaan akrabnya, Jumat lalu

Budidaya hidroponik, kata dia, bisa menjadi solusi pemanfaatan lahan sempit di rumah. Utamanya, memenuhi kebutuhan sendiri di tengah pandemi Covid-19.

“Nah, jika berlebih bisa dijual. Dan, menambah penghasilan tentunya. Makanya, kita ajak masyarakat memanfaatkan lahan rumahnya dengan menanam sayuran baik secara hidroponik ataupun manual,” ujar Wako.

Sambungnya, warga bisa juga membentuk KWT guna pemanfaatan lahan kosong. Dan, Pemerintah kota (Pemkot) bisa memberikan bantuan melalui Dinas Pertanian. “Tetapi, memang harus serius agar bermanfaat dan bernilai guna. Jangan angat-angat tahi ayam,” saran orang nomor satu di Kota Nanas ini.

Kalau semuanya serius memanfaatkan lahan di rumahnya, ia optimis berangsur tapi pasti. Masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayurannya secara mandiri, tanpa membeli ke pasar.

“Jelas jika berlebih, bisa menambah penghasilan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraannya,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed