oleh

Wako Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Cegah Penyakit Malaria

-Kesehatan-136 views

PRABUMULIH – Kembali munculnya kasus Malaria di Kota Prabumulih mendapat sorotan dari Walikota Ir H Ridho Yahya MM. Orang nomor satu itu mengaku terkejut apalagi, selama kurun 4 tahun ini Kota Prabumulih bebas dari penyakit Malaria.
Nah, dengan ditemukannya kasus malaria tersebut, suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu meminta masyarakat tak tutup mata, dan peduli dengan kasus yang telah ditemukan tersebut.
“Bebas malaria itu artinya sepanjang masyarakat kita sama sama menjaga, sama sama peduli terhadap penyakit tersebut,” katanya kemarin setelah menghadiri acara Caping Day Akbid Rangga Husada
Salah satu contohnya, Ridho mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar seperti lokasi air menggenang, atau tempay nyamuk berjembang biak dan bersarang.
“Kita sudah upayakan, seperti adanya penyuluhan, dan sosialisai tentang hidup bersih dan sehat, nah jika masyarakat menemukan disekitar rumahnya ada genangan air, cobalah untuk peduli dengan membuangnya agar tidak ada jentik nyamuk,”jelasnya
Nah, dia juga mengakui jika saat ini imun atau kekebalan tubuh masyarakat Kota Prabumulih memang sudah menurun dari sebelumnya, terlebih ketika musim hujan seperti saat ini yang memang banyak menyebabkan pasien di tempat pelayanan kesehatan meningkat akibat penyakit yang saat ini di derita masyarakat.
“Masyarakat saat ini berbeda dengan jaman kami dulu, kalau saat ini hujan dikit bisa demam, anak saya saja kena hujan langsung pilek,” bebernya.
Dalam kesempatan itu, ayah tiga anak itu menyoroti pelayanan rumah sakit agar kiranya kinerja tetap dioptimalkan. Sebab dia menyebutkan jika memang rumah sakit seharusnya sepi dari pasien, dikarekanan memang tingkat kesehatan di Kota Prabumulih makin tinggi. “Jangan sampai rumah sakit sepi karena pelayanan tidak optimal, “ tambahnya
Kepala dinas kesehatan dr H Tedjo Thajono S MPh Melalui seketariat Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Hj Hesti W M Kes Mengatakan hal yang senada yakni terus gotong royong agar penyakit malaria yang ada di kota Prabumulih ini tidak ditemukan lagi.
“Sama sama peduli, mulai menerapkan PHBS dan coba mulai dari diri sendiri, keluarga serta lingkungan,” ajaknya.(mus)
PUNGUT SAMPAH: Walikota Ir H Ridho Yahya MM mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan, salah satunya dengan membersihkan lingkungan.
Foto: dok prabumulih pos

News Feed