oleh

Wajib Kumpul Hasil Aplikasi Pelatihan 

PRABUMULIH– Usai mengikuti rangkaian kegiatan Kepemimpinan Mahir Lanjutan (KML) beberapa bulan lalu, seluruh peserta wajib kumpulkan hasil aplikasi pelatihan di setiap Gugus depan masing-masing.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Pimpinan Kursus pendidikan dan latihan (Pusdiklat) Kwarcab Pramuka Prabumulih,  Sarman Zahir SH melalui Panitia KML, Jumsyah SPd MKes, saat dibincangi koran ini, Minggu (27/12/2020).

Menurutnya, setiap peserta pelatihan KML lalu, wajib menerapkan di gudep masing-masing dan melaporkan hasil pelatihan, maksimal hingga enam bulan, setelah pelatihan.

Namanya adalah Rencana Tindak Lanjut (RTL), itu artinya upaya tindak lanjut dari hasil KML yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa gudep. “Pelaksanaan pelatihan baru selesai dilakukan Bulan September lalu, Jadi sekarang baru ada kisaran 30% dari jumlah peserta yang sudah memberikan laporan (RTL),”jelasnya.

Kepsek SDN 77 Prabumulih ini menyampaikan,  kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan wajib diterapkan di semua satuan pendidikan. Untuk itu perlunya kwalitas tenaga pelatih yang sesuai dengan standar nasional untuk mencetak generasi penerus masa depan bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Prabumulih, H A Sobri SH menambahkan,  dasa darma pramuka sangat penting sebagai landasan setia perbuatan yang dilakukan oleh pelatih pramuka dan anggota pramuka, bahkan baik diaplikasikan dalam kehidup sehari hari, terutama dalam point ke 10 suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.  “Minimal landasan itulah yang perlu kita tanamkan dalam semua anggota Pramuka dimulai dari Gudep masing-masing,”terangnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar puluhan peserta KML bulan lalu dapat melaksanakan kewajibannya dan mengumpulkan laporan hasil ikut pelatihan, dalam kurun waktu enam bulan setelah pelatihan berlangsung.(05)

Komentar

News Feed