oleh

Wacanakan Loker untuk Handphone Bagi Siswa SMP

PRABUMULIH – Terkait membawa handphone ke sekolah, Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM mengaku kalau hal itu merupakan kewenangan sekolah untuk melarang siswa membawa handphone ke sekolah. Hal itu disampaikan Ridho, saat dikonfirmasi terkait hanphone dibawa oleh pelajar yang juga menyebabkan video viral di SMAN 4. “Kalau handphone itukan kewenangan sekolah masing-masing, apalagi SMA. Masalah handphone jugakan, bukan yang merekam yang salah, atau bawa hapenya. Tapi prilaku itu yang tidak boleh, direkam atau tidak prilaku (bullying) seperti itu tidak dibenarkan dan tidak boleh terulang,” kata Ridho.

Hanya saja, untuk SMP ia memiliki wacana bila nantinya handphone yang dibawa dititipkan, atau ditempatkan ditempat khusus saat pelajaran berlangsung. “Tapi kalau untuk SMP sudah ada rencana sebetulnya, inginnya seperti sepatu ditarok diluar atau dititipkan. Sehingga tidak mengganggu pelajaran sekolah,” bebernya.

Menurutnya, perlu ada tempat khusus penitipan untuk handphone yang dibawa oleh pelajar di sekolah. “Kalau seperti di ruang Wako kan ada loker, mungkin nanti juga disiapkan loker jadi hape disimpan disana. Setelahnya baru diambil,” imbuhnya. Wacana tersebut mendapat dukungan dari banyak masyarakat. Termasuk sejumlah tenaga pengajar yang ada di Kota Prabumulih.

Apakagi kecanggihan teknologi, handphone salah satunya tak lagi bisa dibendung. Tak heran, bila pelajar mulai sudah membawa handphone saat sekolah. Belum lagi, saat ini kecanggihan teknologi juga mempermudah proses belajar termasuk dalam pelaksanaan ujian berbasis android. Bahkan di kota Prabumulih, terdapat beberapa sekolah sudah menerapkan ujian dengan menggunakan android.

“Kami setuju dengan pak Wali, sekarang ini ujianpun ada yang sekolahnya make hape. Memang baiknya dititip, sehingga tak mengganggu pelajaran. Lain bila memang pelajaran mengharuskan menggunakan handphone seperti ujian android,” kata Dede Suhendra salah satu guru di Kota Prabumulih.

Dijaman seperti sekarang kata dia, larangan penggunaan dan membawa handphone di sekolah sulit untuk diterapkan. “Bagi orang tua handphone alat komunikasi dengan anaknya, tinggal memang selaku orang tua harus bisa mengawasi penggunaan handphone. Sebab bila tanpa pengawasan, bisa menimbulkan dampak negatif. Namun bila digunakan dengan benar, handphone memiliki banyak manfaat positif,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed