oleh

Viral, Status Medsos Dugaan Perkosaan. Imbau Korban Melapor, Jika Benar

-Ringkus-49 views

PRABUMULIH – Status media sosial (medsos) dugaan perkosaan di akun Facebook (FB) milik berinisial @AD menjadi viral, menyebutkan kalau adiknya menjadi korban. Kalau kejadian itu benar, Proses Prabumulih mengimbau segera melapor. Sehingga, kasusnya jelas dan bisa dilakukan penyelidikan. Sejauh ini, informasinya Polres Prabumulih belum menerima laporan tersebut.

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Abdul Rahman SH MM membenarkan hal itu. Disebutkan, telah mendapat informasi dari sejumlah awak media mengkonfirmasi masalah tersebut. “Kita sudah dapat informasinya, tetapi sejauh ini belum ada laporan resmi. Jika benar kejadiannya, biar jelas sebaiknya dilaporkan segera ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA),” imbau Rahman dikonfirmasi awak media, Senin (16/9).

Sehingga, kata dia, jika benar terjadi seperti disangkakan terduga pelaku atau tersangka bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya di mata hukum. “Selain itu, penyidik punya dasar untuk melakukan penyelidikan dan pengungkapan kasus. Apalagi, kasus dugaan perkosaan termasuk delik aduan dan perlu pembuktian. Sebagai bekal menangkap tersangka dugaan perkosaan tersebut,” sebut perwira berpangka tiga balok.

Lanjutnya, jika ada laporan sudah menjadi tugasnya melakukan lidik hingga penyelidikan dan pengungkapan kasus. “Tugas kita memberikan pelayanan terbaik, merespon laporan masyarakat,” tandasnya. Masih kata dia, kalau terbukti adanya dugaan perkosaan bisa dijerat Pasal KUHP. Ancamannya, sebutnya bisa hingga 12 tahun penjara. “Sebaliknya, jika tudingan tersebut tidak benar. Pembuat status medsos bisa dikenakan UU ITE tentang ujaran kebencian dengan ancaman 6 tahun penjara,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed