oleh

Vertual Parpol Lama Tunggu Instruksi KPU Pusat

PRABUMULIH – Tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) nampaknya bakal makin sibuk. Pasalnya Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang meminta agar seluruh partai politik (parpol) baik lama maupun baru untuk di verifikasi faktual (virtual).

Ketua KPU M Takhyul SIP melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Sirajuddin SH mengaku sudah mendengar dan membaca soal dikabulkannya gugatan PSI. Namun untuk melakukan virtual kepada parpol lama, ia mengaku masih menunggu instruksi KPU pusat.

“Informasi tersebut sudah kita terima, untuk verifikasi parpol lama sejauh ini kita masih menunggu instruksi dari KPU Pusat,” jelasnya akhir pekan lalu.

Sirajuddin mengatakan, seperti halnya parpol baru pihaknya siap melakukan virtual terhadap parpol lama jika nantinya kebijakan tersebut diberlakukan oleh KPU Pusat.

“Untuk PSI dan Perindo telah memenuhi syarat hingga batas akhir verifikasi faktual pada 4 Januari silam. Begitu pun, parpol garuda dan berkarya hingga 12 Januari juga telah memenuhi syarat verifikasi faktual yang telah dilakukan petugas kita,” ucapnya.

Sambungnya, selama verifikasi parpol baru petugasnya tidak terlalu menemui kendala di lapangan. Dan, relatif berjalan lancar. Apalagi, pengurus parpol sangat koperatif dan membantu verifikasi faktual yang dilakukan.

“Selain itu, persyaratan yang diperlukan juga telah disiapkan dan dilengkapi parpol tersebut,” tukasnya. (06)

News Feed