oleh

Vaksinasi Lansia, Ditarget 50 Persen Sebelum Lebaran

RKT – Pemberian vaksinasi Covid-19, saat ini mulai menyasar Lanjut Usia (lansia) yang ada di Kota Prabumulih.

Nah, untuk wilayah  Puskemas Tanjung Rambang setidaknya tercatat 919 lansia. Lansia tersebut tersebar di 8 desa dan 1 kelurahan yang ada di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Desa tersebut yakni, Talang Batu, Sinar Rambang, Rambang Senuling, Jungai. Kemudian Karangan, Kemang Tanduk, Karang Bindu, dan Karya Mulia. Sementara 1  kelurahan yakni Tanjung Rambang.

Kepala Puskesmas Tanjung Rambang Dewi Yuliani SST MSI menuturkan, dari jumlah 919 sasaran tersebut baru sekitar 59 lansia yang sudah menjalani vaksinasi tahap 1.

“Karena kami baru pelayanan 2 hari tanggal 12 dan 13 April 202 desa Sinar Rambang, Karya Mulia unit 1 dan 2. Sedangkan di Karya Mulia unit 3 akan baru dijadwalkan 20 April nanti,” kata Dewi kepada Prabumulih Pos, Rabu (14/4/2021).

Untuk target tutur Dewi, pihaknya menargetkan 50 persen lansia yang menjadi sasaran untuk divaksin. “Target minimal 50 persen sebelum Lebaran (Mei,red),” tuturnya berharap capaian tersebut dapat melebihi target.

Dewi mengakui, dalam pemberian vaksinasi dengan sasaran lansia masih terdapat sejumlah kendala. Sebab, tak semua sasaran bisa divaksin.

“Terkendala saat skrining, banyak yang tidak bisa diberikan karena penyakit komorbid dan sekarang sedang bulan puasa jadi masih banyak yang takut,” tukasnya.

Camat RKT Satria Karsa SE mengakui, dari 919 lansia yang tersebar di wilayah RKT. Paling banyak di Desa Karya Mulia. “Jumlah lansia di Karya Mulia banyak. Mudah mudahan semua nanti bisa divaksin, sehingga bisa mencegah penularan Covid-19,” pungkasnya.(08)

Komentar

News Feed