oleh

Usung Tema Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Fisika

-Pendidikan-28 views

//Webinar Kedua, Libatkan Narasumber Kompeten

PALEMBANG – Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang kembali menggelar webinar. Kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang  Dr. Muhammad Win Afgani, M.Pd mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, banyak cara agar tetap produktif di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti diskusi ilmiah virtual atau dalam bentuk webinar seperti ini.

“Webinar kali ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan Program Studi Pendidikan Fisika. Ini sangat positif tetunya. Dan diharapkan terus laksakana guna pengabdian kepada masyarakat. Dimana peserta maupun narasumber bisa berbagi pengalaman,” ungkap pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Sabtu (21/11/2020).

Webinar kali ini tentunya sangat bermanfaat bagi peserta. Setidaknya menjadi sarana dalam berbagi pengalaman kepada dosen, guru dan mahasiswa pendidikan fisika. Khususnya dalam rangka pembuatan perangkat pembelajaan fisika.

Masih kata Win Afgani, meski masih dalam masa pandemi Covid-19, tidak menjadi halangan bagi dosen-dosen program studi pendidikan fisika UIN Raden Fatah melaksanakan kewajiban tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk daring. “Paltform yang digunakan adalah aplikasi zoom,” ucapnya.

Masih kata dia, webinar kali ini mengusung tema pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran fisika dosen, guru, dan mahasiswa. Tentunya melibatkan nara sumber yang memiliki kompetensi di bidangnya seperti M. Jhoni, M.Pd dengan materi pemanfaatan OBS dalam pembuatan video pembelajaran fisika.

Narasumber berikutnya adalah Herma Widya M.Pd dengan materi kupas tuntas RPP 1 lembar pembelajaran fisika menurut Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Keduanya tercatat sebagai dosen pendidikan fisika.

Selain itu lanjut Win, narasumber ketiga adalah Hesti Dwi Kartika, S.Pd dengan materi mekanisme pengembangan silabus pembelajaran fisika. “Narasumber ketiga ini adalah alumni pendidikan fisika. Atinya kegiatan ini tidak hanya melibatkan dosen, melainkan alumni juga,” terangnya.

Selama webinar imbuh Win, banyak hal yang diperolah untuk memperkaya wawasan keilmuan di bidang pendidikan fisika. Ini sangat membanggakan. Webinar sendiri dihadiri lebih dari 70 peserta.

Sementara selaku moderator Miftahul Jannah tercatat sebagai mahasiswa program pendidikan fisikika. “Kita latih mahasiswa bagaimana berkomunikasi dengan baik di hadapan publik,” ucapnya. (rl/asa/fs)

 

 

Komentar

News Feed