oleh

Usung Slogan Indahnya Kebersamaan

-Metropolis-600 views

PRABUMULIH – Pasangan bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota petahana Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH Selasa (9/1) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih.
Keduanya datang dengan mengenakan setelah baju koko putih dipadu celana hitam dan peci dengan didampingi sejumlah ketua dan sekretaris partai politik (parpol) pengusung.
Pendaftaran balon wako-wawako kali ini berbeda jauh dari priode 5 tahun sebelumnya. Di mana kala itu, pasangan calong datang dengan membawa pendukung dan menampilkan keunikan masing-masing.
Sementara kali ini-mungkin karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar-ditambah dengan suasana yang dibuat sesederhana mungkin-akhirnya menimbulkan kesan yang datar dan biasa-biasa saja.
Kedatangan keduanya diterima Ketua KPU, M Takhyul dan jajaran. Setelah mengisi daftar tamu, keduanya langsung berhadapan dengan Ketua KPU dan Komisionernya disaksikan Komisioner Panitia Pengawasan Kota (Panwaskot) dan lainnya.
Hanya ketua dan sekretaris parpol yang bisa mendampingi saat mendaftar, sementara itu pendukung menunggu di luar pada tenda yang telah disiapkan oleh KPU di depan kantornya.

Tak lama kemudian, Ridho-Fikri menyerahkan berkas persyaratan dan langsung dilakukan penelitian berkas oleh Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, Sirajuddin SH dan Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Wawan Irawan SSi.
“Ini hari kedua, sejak pendaftaran paslon kita buka sejak 8 Januari mendatang. Usai mendaftar berkas yang diserahkan langsung kita teliti,” ujar Ketua KPU, M Takhyul.
Takhyul menerangkan, pada 10-16 Januari pihaknya akan meminta masukan dari masyarakat terkait pencalonan keduanya sebagai bapaslon wako dan wawako pada Pilkada Serentak.
“18-20 Januari, kita berikan kesempatan kedua bapaslon untuk memperbaiki syarat calon yang kurang. Tes kesehatan paslon pada 11-15 Januari dilakukan di Rumah Sakit Muhammad Husien (RSMH) Palembang, kita nilai paling lengkap dan layak melakukan tes kesehatan paslon,” bebernya.
Ia menyebutkan, cek kesehatan ada dua tahapan. Yaitu; pada 11-12 Januari cek kesehatan rohani dan tes narkoba, pada 13-15 Januari cek kesehatan jasmani. Nah, untuk cek kesehatan kita siapkan surat pengantarnya.
“Tes narkoba cukup dengan urine, untuk mengikuti cek kesehatan. Kita ingatkan paslon, untuk puasa dan jangan sampai tidak. Karena, cek kesehatan tidak bisa dilakukan,” terangnya.
Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Sirajuddin SH menyebutkan, setelah melakukan penelitian berkas yang diajukan Ridho-Fikri dinyatakan lengkap.
“Baik itu surat dukungan dari 12 parpol, dan syarat lainya telah lengkap dan memenuhi syarat,” tandasnya.
Sambungnya, bukti diterimanya berkas lengkap. Telah diserahkannya berikut pengantar, untuk cek kesehatan sudah. “Tanda terima lengkap dan pengantar cek kesehatan, sudah kita serahkan kepada Ketua Tim Sukses Ridho-Fikri,” tambahnya.
Usai pendaftaran, balon wako Ir H Ridho Yahya MM sempat mengutarakan bahwa slogan yang diusung kali ini adalah indahnya kebersamaan. Slogan ini mungkin merujuk pada begitu banyaknya partai politik (parpol) yang mendukungnya. Di antaranya; Setidaknya ada 12 parpol yang mengusung Ridho-Fikri. Di antaranya; Partai Peraturan Pembangunan (PPP), Golongan Karya (Golkar), Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Nasional Demokrat (NasDEM), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Gerakan Indonesia Raya (Gerinda).
“Kalau dulu semakin dekat semakin nyata, kalau sekarang indahnya kebersamaan,” sebutnya singkat kepada awak media.
Sementara itu, Ketua Tim Sukses Ridho-Fikri, HM Daud Rotasi SSos menambahkan, dirinya bersama 12 parpol hanya menghantarkan Ridho-Fikri untuk mendaftar, sebagai syarat mengikuti Pilwako.

“Syarat-syarat yang kita serahkan, Insya Allah sudah lengkap semuanya. Namun, jika ada kekurangan kita siap melengkapinya sesuai ketentuan,” bebernya.
Pihaknya sendiri berharap proses pendaftaran, bisa berjalan lancar dan tidak halangan. “Semoga pendaftaran dan berkas yang kita sampaikan diterima oleh KPU. Dan, alhamdulillah berkas kita akhirnya lengkap dan diterima KPU,” tandasnya. (06)
Parpol Pendukung Pasangan Ridho-Fikri

Golongan Karya (Golkar)
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Partai Amanat Nasional (PAN)
Partai Bulan Bintang (PBB)
Nasional Demokrat (NasDEM)
Partai Demokrat
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI)
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Partai Peraturan Pembangunan (PPP)
Partai Gerindra
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
Sumber: Peliputan Prabumulih Pos

News Feed