oleh

Usul Pemekaran Rukun Tetangga

-Kecamatan-1.014 views

PRABUJAYA – Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur, berencana untuk menambah Rukun Tetangga (RT)

Penambahan RT tersebut dikarenakan, satu RT yakni diwilayah RT 3 RW 2 akan dimekarkan. “RT 3 itu kami rencanakan dimekarkan 3. Jadi termasuk RT lama nanti jadi 4,” kata Lurah Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur Septa Ariandi SE.

Disampaikannya, pemekaran RT tersebut dikarenakan wilayah RT 3 menjadi salah satu wilayah yang penduduknya lebih dari 300-an. Sehingga untuk dimekarkan, sudah memenuhi kriteria dan memungkinkan.

“Selain penduduknya banyak, wilayah itu paling luas diantara RT yang ada. Kemudian jaraknya jauh-jauh, sehingga untuk berurusan dengan RT sedikit sulit,” imbuhnya.

Terkait wacana tersebut, pihak Kelurahan kata Septa Ariandi sudah menyampaikan usulan ke Wali Kota, dan berkoordinasi dengan assisten I. “Alhamdulillah sudah disetujui, tinggal lagi menunggu dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyaralat Desa), dengan DPMD juga sudah koordinasi,” ungkapnya.

Bahkan lanjut Septa, kemungkinan dalam waktu dekat pihak DPMD akan meninjau langsung wilayah yang diusulkan untuk dimekarkan tersebut. “Kemungkinan minggu-minggu ini, DPMD turun melihat layak tidaknya. Kalau disetujui artinya tahun ini RT Prabujaya akan bertambah,” lanjutnya.

Saat ini tambahnya, terdapat 26 RT dan 5 RW diwilayah Kelurahan Prabujaya. “Jadi kalau pemekaran terealisasi total RT di Prabujaya ada 29 RT,” tuturnya.

Kepala DPMD A Fauzan A SSTp MSI melalui Kabid Pemerintah Desa Fatkhan Mubina SKM MSi mengakui bila sudah ada pengajuan dari Kelurahan Prabujaya terkait rencana pemekaran. “Sebetulnya sudah lama itu diusulkan, dan kami memang dalam waktu dekat kalau ada waktu akan kelapangan,” kata mantan Lurah Kelurahan Karang Raja ini.

Ia melanjutkan, bila memang hasil dilapangan memungkinkan pemekaran baru akan terlaksana ditahun 2020. “Karena ini sudah akhir anggaran, jadi untuk pemekaran kajian kami kedepan. Karena kalau pemekaran tentu berkaitan dengan anggaran,” bebernya.

Disinggung mengenai persyaratan untuk pemekaran RT, ia menuturkan pemekaran salah satunya adalah jumlah penduduk. “Kemudian kalau memang jarak jauh sampai berkilo-kilo untuk berurusan, wilayah luas itu bisa dimekarkan,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed