oleh

Usul Nama RSUD dari Nama Tokoh

-Metropolis-54 views

Managemen RSUD Tampung Usulan Masyarakat

PRABUMULIH – Tak seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pada umumnya yang sudah memiliki nama. Hingga kini RSUD Kota Prabumulih belum memiliki nama.

Nah, RSUD yang belum memiliki nama diusulkan untuk segera diberi nama. Usulan tersebut disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih kepada Pemerintah Kota (Pemkot).

“Pernah masuk pembahasan usulan, tapi belum kemateri pembahasan akan diberikan nama apa. Itu kita sampaikan ke Pemkot khususnya ke RSUD,” kata Ketua DPRD Sutarno SE melalui Wakil Ketua H Ahmad Palo SE Minggu (12/7/2020).

DPRD kata Palo lebih menyarankan agar pemberian nama RSUD merupakan nama tokoh yang berjasa untuk Kota Prabumulih ataupun untuk RSUD Kota Prabumulih. “Berikanlah nama dengan pertimbangan apakah diberi nama pahlawan dari Kota Prabumulih atau yang berjasa dibidang kesehatan Prabumulih,” ujarnya.

Usulan pemberian nama dari tokoh tersebut lanjut Palo, sebagai bentuk penghargaan kepada warga Kota Prabumulih yang telah berjasa untuk Kota Prabumulih. “Seperti daerah -daerah lain, Pelambang namanya RSMH  dari tokoh. Kita juga lebih baik seperti itu dari pada hanya sekedar RSUD Kota Prabumulih saja,” bebernya.

Terlebih ungkap Palo, ada banyak tokoh Kota Prabumulih yang sudah sangat berjasa untuk Kota Nanas ini. “Untuk tokoh kita banyak, salah satunya  kita ingat betul bahwa RSUD yang lama (Sekarang Puskesmas Delinom, red) itu hibah dari saah satu hibah warga kita kepada dokter dari belanda dulu. Suratnya pernah sudah masuk ke kita, ahli waris sudah datang dulu karena akan dilakukan perubahan jadi sekolah dan mereka (ahli waris),  tidak berkenan karena tujuan hibah untuk pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menambahkan, terkait usulan nama tersebut pihaknya hanya menunggu dari pemerintah kota. “Kami sifatnya menunggu, dan nanti akan akan kita tetapkan dengan Perda (Peraturan Daerah),” lanjutnya.

Sementara itu, pihak RSUD Kota Prabumulih langsung menindaklanjuti usulan dari DPRD tersebut. Menariknya, dalam mencari nama tersebut managemen RSUD “melibatkan” masyarakat dengan membuat pengumuman di media sosial dalam hal ini akun facebook.

“Karena memang belum ada nama, dan ada usulan dari DPRD untuk pemberian nama jadi kita tindaklanjuti,” kata Direktur RSUD dr Hj Hesti W MM.

Perempun berkerudung ini menyampaikan, managemen RSUD sengaja melibatkan masyarakat untuk mengusulkan nama. “Mungkin ada masyarakat kita yang sesepuh Prabumulih yang tau sejarah. Sehingga kalau ada usulan dari masyarakat kita tampung dulu,” tuturnya.

Disinggung batas waktu usulan nama tersebut, mantan sekertaris dinas kesehatan ini mengungpkan tak ada batasan waktu. Hanya saja diharapkan dalam 1 bulan ini sudah banyak usulan yang masuk. “Batas waktu tidak ada, kita lihat dalam 1 bulan inilah paling tidak,” tukasnya.

Untuk diketahui, RSUD Kota Prabumulih sebelumnya berada di Kelurahan Karang Raja. Sementara sejak RSUD Kota Prabumulih berdiri setidaknya sudah beberapa kali berganti direktur, beberapa diantaranya dr Salfitri, dr H Ali Indra, dr H Tedjo Sumali MPh, dr Hj Rusmini, dr H Efrizal, dan dr Hj Hesti Widyaningsih MM. (08)

 

 

Komentar

News Feed