oleh

Usul Empat Raperda Tambahan

-Metropolis-24 views

PRABUMULIH – Selain lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang tengah dibahas oleh DPRD, Pemerintah Kota akan kembali mengusulkan empat Raperda tambahan.

Hal itu diketahui, dalam rapat paripurna ke-XIII masa persidangan ke-I dengan agenda penyampaian jawaban Walikota terhadap pemandangan umum Raperda dan dilanjutkan dengan pembentukan AKD (Alat Kelengkaan Dewan) di ruang rapat Paripurna DPRD, Rabu (17/2/2021).

“Selain lima Raperda itu, ada pula empat Raperda tambahan terbaru yang kita usulkan dan kita mohon dimasukkan oleh kawan-kawan dewan karena itu juga sangat mendesak,” kata Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM dibincangi usai menghadiri Paripurna.

Empat Raperda yang baru diusulkan tersebut, kata Ridho yakni Perda Baca Tulis Alquran (BTA). Perda itu dinilai perlu agar kedepan siapapun yang menjabat Walikota  peduli dengan agama. “Kedua Perda rencana detail tata kota, Perda itu sudah ditanyakan oleh KPK,” ujar Ridho.

Kemudian, Perda protokol kesehatan dan terakhir Perda pengembangan industri. “Itu semua dari kito galo yang mengusulkan. Tadi kami pengen perda BTA inisiatif Dewan karena agak eksklusif tapi kita semua yang mengusulkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Prabumulih  Sutarno SE melalui Wakil Ketua H Ahmad Palo SE menuturkan, setelah mendengar jawaban dari Walikota pihaknya langsung membentuk AKD (Alat Kelengkapan Dewan) untuk membahas 5 raperda.

Raperda tersebut yakni, Raperda tentang perubahan peraturan daerah nomor 3/2015 tentang penyelenggaraan pemilihan kepala Desa, raperda tentang perlindungan perempuan dan anak, raperda tentang pengarustamaan gender, raperda tentang pengelolaan barang milik Pemerintah Kota Prabumulih dan raperda tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan.

“AKD bentuk tiga pansus. Pansus 1 membahas tiga raperda, pansus 2 membahas 1 raperda dan pansus 3 membahas 1 raperda,” kata Ahmad Palo menyampaikan pansus 1 diketuai oleh Deliani SPd, pansus 2 diketuai Purwaka dan pansus 3 diketuai Idham Tergun.

Nah, meski sempat tertunda namun DPRD akan berupaya untuk membahas dan menyelesaikan sesuai jadwal.  “Insya allah sesuai dengan jadwal, walapun paripurna sempat tertunda,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed