oleh

USBN Dilaksanakan 4 Hari. 9 Mapel Diujikan

-Pendidikan-141 views

PRABUMULIH – Selama empat hari kedepan siswa SMA/MA Negeri dan Swasta kelas XII disibukkan dengan ujian sekolah berbasis nasional (USBN).
“USBN ini dilaksanakan secara serentak bagi seluruh sekolah yang baru dimulai hari ini dan berakhir di 23 Maret mendatang,” ujar Ketua MKKS SMA Prabumulih, Ruslan Maladi MPd kerika dibincangi koran ini, kemarin (20/3) di sekolahnya.

Sistem USBN yang diberikan pihaknya, kata Ruslan, sapaan akrabnya, yakni menggunakan manual atau ujian sekolah pakai kertas. Yang setiap kisi soal mata pelajaran (mapel) ujian itu 75 persen dibuatkan oleh tim musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) kota ini.
“Sementara 25 persennya lagi kisi soal itu didapatkan kita dari pusat, yaitu langsung kemendkibud,” jelasnya.
“Adapun soal yang diberikan sebanyak 35 pilihan ganda A-E dan 5 essay untuk mapel eksa. Sedangkan mapel non eksa mencapai 40 pilihan ganda serta 5 essay setiap mapel-nya,” ungkapnya dengan lama waktu pengerjaan yang diberikan pihaknya masing-masing mapel eksa dan non eksa ialah mencapai 2 jam.

Dijelaskan pria yang juga menjabat Kepala SMA Negeri 6 itu ke-9 mapel yang diberikan pihaknya tersebut diantaranya; Pendidikan Agama Islam (PAI), Kimia, Fisika, Biologi, Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Sosiologi, Ekonomi dan Geografi yang diperuntukkan bagi siswa Jurusan IPA.
“Begitupun sebaliknya, sama juga mapel yang diberikan kita buat siswa asal Jurusan IPS itu,” terangnya kemudian pada 24 hingga 29 Maret mendatang siswa sekolah berada dibawah naungannya tersebut kembali diberikan Ujian Sekolah (US) dari pihaknya.

Dian Eka Wati SP menambahkan, jika seandai ada siswa yang absen sesuai dengan waktu dan jadwal USBN yang ditetapkan pemerintah.
“Maka, peserta yang bersangkutan kita itu kembali guna mengikuti ujian susulan diluar jadwal formal yang ditentukan. Hal itu, akan dilakasanakan mulai 27-31 Maret berlaku untuk semua jurusan,” terang wanita menjabat sebagai Wakakurikulum.

“Karena mengingatkan hal ini sangatlah penting untuk peserta kita bersangkutan. Sebab, lulus maupun tidak lulusnya seorang peserta itu. Kuncinya bukan lagi ditentukan murni berdasarkan hasil ujian nasional (UN) seperti dulu lagi,” bebernya.
“Yang melainkan kelulusan peserta ditetapkan kita hasil gabungan semua hasil nilai kedua ujian teori dan praktek semacam inilah dan lain sebagainya,” tukasnya. (Mg 02)
USBN: Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 sedang mengikuti pelaksanaan ujian sekolah berbasis nasional, kemarin (4)

News Feed