oleh

Urus Dokduk Tak Perlu Pengantar

PRABUMULIH – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (18/9) mengelar sosialisasi di Aula Rumah Makan (RM) Mahkota.

Sosialisasi tersebut berkaitan dengan Peraturan Presiden (Perpres)No 98/2018 tentang Pengurusan dokumen kependudukan (Dokduk) tidak perlu lagi surat pengantar.

Hal itu ditegaskan Wakil Walikota (Wawako), H Andriansyah Fikri SH ketika membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

“Birokrasi sudah sangat singkat, kita mengajak masyarakat mengurus KTP dan KK (Dokduk, red) langsung ke Disdukcapil. Sehingga, mengurangi prasangka tidak-tidak,” ujarnya dihadapan perwakilan kelurahan/kecamatan.

Sambung Fikri, juga mengurangi dilema gratis. Tetapi, Ketua RT/RW mengurusnya butuh waktu dan biaya. Karena, jarak ditempuh ke Disdukcapil cukup jauh.

Kata dia, meski urusan dokduk sudah singkat birokrasinya. Ia berpesan, agar Ketua RT/RW jangan sampai tidak tahu perkembangan warganya.

“Kita minta Disdukcapil melakukan sinkronisasi dengan kecamatan hingga kelurahan/desa. Termasuk juga, para Ketua RT/RW. Sehingga, tetap tahu masalah dokduk warganya,” pesannya.

Suami Hj Reni Indriyani SKM MSi ini berpesan, agar pelayanan dan kemudahan tersebut benar-benar dimanfaatkan warga. Selain itu, akunya kalau pelayanan bisa cepat kenapa harus diperlambat. “Dengan SIAK, masyarakat lebih tertib administrasi,” tukasnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil, Haryadi SH MM menerangkan, kalau kegiatan ini dalam rangka sosialisasi kebijakan Dukcapil bagi masyarakat.

“Sekarang ini, pengurusan KTP dan KK (dokduk, red) tidak perlu pengantar lagi. Langsung ke kita (Disdukcapil, red) akan kita layani,” bebernya.

Harapannya, kegiatan ini disosialisasikan pihak kecamatan hingga kelurahan/desa kepada Ketua RT/RW dan masyarakat.

“Kegiatan ini, mendorong gerakan sadar adminduk masyarakat. Selain itu, meski pembuatan KTP dan KK langsung Disdukcapil. Tetapi, tetap kita tembuskan hasilnya ke kecamatan hingga kelurahan/desa. Termasuk, para Ketua RT/RW menerima salinannya untuk kontrol,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed