oleh

Update 29 April: Positif 9.771, Sembuh 1.391 dan Meninggal 784

-Metropolis-24 views

 

 JAKARTA – Data kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) kembali meningkat. Dari data 29 April yang dikumpulkan pukul 12.00 WIB, total orang terpapar virus Corona mencapai 9.771 kasus di Indonesia.

Dengan angka tersebut, ada kenaikan 260 kasus positif Corona di Tanah Air. Pemerintah terus mengingatkan agar masyarakat tetap di rumah agar penyebaran Corona putus.

“Kita tidak pernah bisa tahu siapa yang sakit di luar, kita tidak pernah bisa melihat keluhan orang yang membawa virus ini, bisa saja mereka kesannya sehat, padahal sebenarnya tidak,” kata Jubir Pemerintah Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto saat jumpa pers di BNPB, Jakarta, Rabu (29/4).

Sementara, pasien sembuh corona juga terus mengalami peningkatan sebanyak 137. Sehingga total pasien sembuh saat ini menjadi 1.391 orang. Sedangkan, jumlah pasien meninggal dunia bertambah 11 orang. Sehingga totalnya menjadi 784 orang.

Yurianto menyebut, Covid-19 hanya dapat dicegah dengan kedisplinan kuat dan semangat gotong royong agar semua mematuhi anjuran pemerintah dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Serta mematuhi PSBB yang sudah ditetapkan di dua provinsi dan di 22 Kabupaten kota, tetap di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah,” ucapnya.

Sebanyak 32 pasien tercatat menjalani rawat inap di Rumah Sakit Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri). Dari 32 itu, semuanya merupakan pasien positif COVID-19.

“Total 32 pasien. Positif COVID-19 sebanyak 32 orang,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono dalam keterangan resminya kepada awak media, Rabu (29/4).

Jika diperinci, sebanyak 29 pasien rawat inap berprofesi sebagai Anak Buah Kapal (ABK) KM Kelud. Sementara itu, tiga lainnya berstatus sebagai anggota Polri.

“Pasien rawat inap itu 32 orang. Sebanyak 29 ABK KM Kelud dan tiga anggota Polri,” terang Yudo. Sebagai informasi, RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang memprioritaskan rawatan untuk pasien yang pulang dari luar negeri atau pekerja migran.

Rumah sakit tersebut hanya menangani pasien berkategori ringan dan sedang infeksi COVID-19. Pasien berkategori berat, akan dirujuk ke rumah sakit khusus yang menangani COVID-19. (mg10/jpnn/sg)

 

Komentar

News Feed