oleh

Upah Minimum Provinsi Sumsel Tahun 2021 Tidak Naik, Tetap Rp 3.043.111

-Sumsel-28 views

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, Herman Deru, telah menandatangani Surat Keputusan terkait Upah Minimum Provinsi Sumsel Tahun 2021 sebesar Rp 3.043.111. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumsel Nomor : 602/KPTS/DISNAKERTRANS/2020.

“Besaran UMP yang ada tetap sama dengan besaran tahun 2020, yakni Rp 3.043.111 per bulan dengan standar tujuh jam kerja sehari atau 40 jam kerja dalam seminggu,” terang HD.

Ditambahkannya, keputusan ini berlaku mulai 1 Januari 2021 mendatang. Kepada perusahaan yang beroperasi di Sumsel dan memberikan upah lebih tinggi dari ketentuan UMP yang ditetapkan dalam keputusan ini, dilarang mengurangi dan menurunkan upah.

“Setiap perusahaan yang beroperasi di Sumsel wajib membayar gaji pegawainya tidak kurang dari ketentuan. Sama itu minimal, tidak kurang dari ketentuan,” jelas dia.

Menurutnya, UMP di Sumsel berpotensi mengalami kenaikan dengan mengacu pada kemampuan keuangan perusahaan untuk mengeluarkan kebijakan kenaikan upah. Deru menilai saat ini kebijakan kenaikan upah akan diserahkan kepada perusahaan masing-masing.

“Jika ada perusahaan yang mampu boleh menaikkan gaji karyawannya. Jika kurang gak boleh lebih dari ketetapan,” tutup HD.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumsel, Koimudin menyatakan, perihal tidak ada kenaikan UMP di tahun depan dilakukan pihaknya setelah ada surat edaran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia No.M/11/HK.04/X/2020. Menurut Surat tersebut, Menaker melihat kondisi ekonomi Indonesia belum pulih sehingga, para Gubernur diminta untuk tidak menaikkan UMP tahun 2021 demi kelangsungan ekonomi ke depan.

“Kita sudah lakukan pertimbangan lewat Surat Edaran Menaker tanggal 26 Oktober 2020 kemarin,” terang Koimudin.(ety)

 

Komentar

News Feed