oleh

Uji Coba Kulit Nanas jadi Minuman Segar

-Kecamatan-11 views

MAJASARI – Sukses dengan sejumlah inovasi di tahun 2020. Kini di awal tahun 2021, Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan kembali berinovasi.

Kali ini inovasi yang tengah dilakukan yakni, dengan membuat minuman olahan dari kulit nanas kaya nutrisi dan segar. Nah, terkait pembuatan tersebut olahan minuman dari kulit nanas pihak Kelurahan Majasari dan TP PKK Kelurahan sudah konsultasi dengan salah satu pihak dari Unsri (Unisversitas Sriwijaya).

Dibincangi Prabumulih Pos, Minggu (3/1/2021) Lurah Majasari Inggit Damayanti SE mengungkapkan, ide pembuatan kulit nanas tersebut atas motivasi dari ketua TP PKK Prabumulih Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Wakil TP PKK Hj Reni Indayani SKm. “Awal idenya saat ada kegiatan di Kelurahan, saat itu kita sharing dengan Ibu TP PKK Kota.  Ingin ada sesuatu yang memang khas dari Prabumulih. Lalu kita terfikir kulit nanas, Karena selama ini kulit nanas itukan jadi kain dan sebagainya. Ini kita coba olah jadi minuman, dan itu sudah kami  konsultasikan dengan pihak dari Unsri,” kata Inggit menuturkan minuman tersebut sejenis minuman permantasi kulit nanas dari Mexico yakni Tapache.

Inggit menuturkan, diawal pembuatan minuman dari kulit nanas tersebut sudah membuahkan hasil. “Tapi harus tetap kita uji coba, sampai betul-betul minuman herbal ini nantinya saat disajikan rasanya enak dan sudah layak. Kalau di Kota Besar Tapache itu mahal,” tuturnya mengatakan setelah berhasil nantinya akan lansung mengurus P-IRT.

Dalam kesempatan itu, Inggit mengungkapkan minuman olahan tersebut nantinya akan diolah dan dikembangkan oleh kelompok Mekarsari Kalipucuk Majasari (MKM). “Mudah-mudahan berhasil, karena kita berkeinginan olahan nanas nantinya dari daging hingga kulit betul betul bermanfaat. Kan selama ini hanya buahnya saja yang diolah, terus kulitnya sering terbuang. Ini bisa semua dimanfaatkan,” tuturnya mengatakan pelatihan minuman jenis Tapache sudah dilakukan dengan menggandeng pengelola  rumah sehat.(08)

Komentar

News Feed