oleh

Tutup Tadarus Online, Hammpitara: Banyak Peminat, Insyaallah ke Depan Lebih Baik

-Nasional-33 views

PALEMBANG – Penghujang bulan suci Ramadhan 1414 H, Hammpitara (Himpunan Alumni Magister Manajemen Pendidikan Islam Fakutas Tarbiyah) UIN Raden Fatah palembang Sabtu (23/5), menutup kegiatan tadarus online yang rutin digelar.

Keakraban dan kebersamaan terlihat kental antara pengurus dan peserta tadarus. “Perlu diketahui program tadarus juga didampingi kegiatan tausiah virtual ditayangkan  melalui media dalam jaringan (daring), yakni secara virtual yang difasilitasi Prodi S2 MPI UIN Raden Fatah Palembang, Facebook dan youtube sebanyak 2 edisi,” ungkap Ketua HAMPITARA UIN Raden Fatah Palembang Drs Saiful M.Nuh, M.Pd.I Sabtu (23/5).

Dikatakan program tersebut berisi tausiah dan diskusi keagamaan ditengah pandemi covid-19. Sebagai narasumber adalah orang-orang berkompeten seperti akademisi dan aktivis yang sekaligus juga anggota Hammpitara. Dalam kegiatan itu, ini tentunya ke depan dapat dikembangkan lagi. Sehingga Ramadhan yang akan datang banyak kegiatan bernilai positif dilaksanakan pada bulan suci ini.

Ia mengapresiasi suksesnya kegiatan tadarus dan tausiah. Dimana kegiatan yang baru dilaksanakan secara daring ini diminati berbagai kalangan. “Kita perlu apresiasi, kegiatan tadarus dan tausiah karena di luar ekspektasi, peminatnya cukup banyak” pujinya.

Penutupan kegiatan tadarus dan tausiah ini disampaikan secara daring oleh Ketua panitia H.Ikral. Langkah ini mengingat di masa pandemi covid-19 ini di batasi secara sosial distancing dan phisical distancing.

Kegiatan tadarus online merupakan inisiatif pengurus Hammpitara untuk tetap menjalankan amaliah di bulan Ramadhan, meski di tengah pandemi Covid-19. “Selain sebagai kegiatan ibadah, dan menjadikan tadarus online sebagai media pemberitahuan kepada warga, untuk tetap menaati imbauan pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19,” tukas Ikral.

Metode tadarus Alquran berlangsung dengan cara, setiap anggota menyetorkan kepada admin sampai juz berapa yang telah dituntaskan oleh setiap anggota tadarus, H. Ikral sebagai ketua kegiatan keagamaan Hammpitara ramadhan 1442 H menambahkan kegiatan ini merupakan bagian dari program inovasi Hammpitara yaitu khotaman tadarus al-qur’an sebagai bentuk kepedulian di masa pandemi covid-19 ini.

Ia pun mengajak, peserta tadarus pada khususnya dan semua anggota Hammpitara pada umumnya membumikan Al-Qur’an khususnya dalam mengharapkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT.

Sementara pengurus inti Hammpitara Kusumawati mengatakan peserta tadarus pada ramadhan ini terdiri dari anggota Hammpitara yang dikelola sepenuhnya oleh H.Ikral, S.Ag, M.M. “Ada beberapa orang yang selain menjadi admin juga sebagai peserta tadarus. “Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi kita semua, dan tak kalah pentingnya adalah senantiasa membumikan al-quran guna mendapat rahmar, berkah dan ridho-Nya, aamiin,” ucap wanita yang hoby membaca ini. (rel/fs/01/asa)

 

 

 

 

Komentar

News Feed