oleh

Tunjang Program Kelana, GIB Ajukan Penerbitan KIA

-Kecamatan-31 views

Bagi Anak di Bawah Usia Sekolah

PRABUMULIH – Untuk menunjang program dasar Kelurahan Layak Anak (kelana) dan Program kampung Keluarga Berencana (KB). Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) mengusulkan penerbitan Kartu identitas Anak (KIA), khusus bagi anak dibawah usia sekolah ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil).

“Ini termasuk inovasi GIB dalamm hal tertib administrasi pencatatan dari usia dini. Untuk menunjang program kelurahan layak anak,  kampung kb,  atau lomba posyandu sekalipun,” kata Lurah GIB Joko Arif ST, Senin (30/11/2020).

Adapun jumlah data anak yang diserahkan ke Disdukcapil untuk penerbitan KIA yakni 180 anak. “Ini pendataan seminggu yang lalu, oleh perangkat RT dan kader GIB,” ucapnya mengatakan pendataan tersebut juga dalam rangka mensosialisasikan program seperti mengajak pe posyandu, serta mengajak kaum hawa untuk periksa IVA.

Lebih lanjut, Arif beharap inovasi atau program ini pencetakan KIA, dapat menunjang program kerja  lain yang ada di Kelurahan. “Sehingga tak hanya sekedar  tertib administrasi saja namun pendataan anak usia balita juga,” tukasnya.

Terpisah Kepala Disdukcapil Haryadi SH MM melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Nodirullah SKom menuturkan, pihaknya sudah menerima data yang disampaikan oleh kelurahan GIB.

“Sudah kami terima. Akan tetap kami layani, karena GIB memang ada program dan tengah menyiapkan untuk program kampung KB dan layak anak,” kata Nodi.

Nodi memastikan, meski tahap awal masih memprioritaskan penerbitan KIA anak usia sekolah. Namun untuk data KIA yang disampaikan GIB tak akan tertunda. “Tetap akan kamu guyuri, sembari memang mengerjakan target utama anak sekolah yang datanya sudah ada,” tukasnya.(08)

 

Komentar

News Feed