oleh

Tunggu Keputusan Gubernur

-Metropolis-303 views

PRABUMULIH – Masa jabatan Wali Kota – Wakil Wali Kota Prabumulih Periode 2013-2018, H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH akan segera berakhir pada 13 Mei mendatang.
Berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Sumsel dinyatakan bahwa, paripurna berakhirnya masa jabatan kedua politisi tersebut harus digelar satu bulan sebelum berakhirnya masa jabatan berakhir.
Ketua DPRD H Ahmad Palo SE mengatakan, setelah paripurna tersebut DPRD akan segera menyurati gubernur. Surat tersebut harus sampai ke tangan gubernur sebelum 13 April mendatang.
“Artinya 13 April Surat keputusan DPRD harus disampaikan ke Gubernur Sumsel. Tadi saya sudah mendatangani surat permohonan pemberhentian kepala daerah berdasarkan Undang Undang dan Insya Allah besok disampaikan ke gubernur surat itu,” jelasnya.
Selanjutnya kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), DPRD akan menunggu surat Keputusan Presiden yang disampaikan oleh Gubernur. “Kita menunggu surat keputusan presiden melalui Gubernur Sumsel berdasarkan SK disampaikan 13 Mei. Sementara sampai SK pemberhentian tanggal 13 Mei masih PJs, selanjutnya penjabat (Pj) wali kota,” ungkapnya.
Diungkapkannya, berakhirnya masa jabatan Ridho-Fikri seharusnya 13 Mei mendatang. “Dikarenakan keduanya sudah mencalonkan diri, sudah mendaftar harus cuti karen itu dia nonaktif berkahir 13 Mei. Dan kita roda pemerintahan sudah dijalankan Pjs sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri.
Disampaikannya, paripurna tersebut merupakan paripurna terakhir pengumunan pemberhentian Wako Ir H Ridho Yahya MM dan Wawako H Andriansyah Fikri SH. “Disini tidak ada penyampaian visi misi, tadi Pak Wali sudah menyampaikan apa yang sudah dilakukan sesuai dengan visi misi masa jabatan 2013-2018,” tuturnya.
Sementara itu Pjs Wali Kota H H Richard Cahyadi Ap MSi, menyampaikan terkait siapa yang akan ditunjuk menjadi penjabat wali kota nantinya merupakan kewenangan dan hak dari guberbur. “Masalah penjabat Wali Kota Prabumulih, tindaklanjut usulan Gubernur nantinya apakah pejabat baru atau yang sekarang tergantung dari gubenur,” jelasnya.
Hanya saja kata dia, hasil rapat paripurna tersebut akan disampaikan ke gubernur dan Menteri Dalam Negeri sebagai tindaklanjut untuk usulan penjabat Wali Kota Prabumulih. “Dan ini sudah dilakukan oleh DPRD,” tukasnya. (08)

News Feed