oleh

Tunggu Dana Sharing Pilgub

-Metropolis-284 views

PRABUMULIH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin (13/1) mulai sibuk membereskan sejumlah ruangan di kantor yang berjada di jalan A Yani, Kelurahan Prabu Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur.

Komisioner Divisi Teknik, Wawan Irawan SSi menyebutkan, saat ini pihaknya mulai menyiapkan berbagai hal untuk menyambut pelaksanaan tahapan pilkada yang akan dimulai Agustus tahun ini.

“Kalau untuk tahapan awal Pilkada sudah mulai pada Oktober mendatang. Minimal sekitar 10 bulan sebelum pelaksanaan Pilkada, tahapan sudah harus dimulai,” kata dia kepada koran ini, kemarin.

Nah, untuk melaksanakan tahapan tersebut sejauh ini, pihaknya masih menunggu kucuran dana sharing pelaksanaan Pilkada. Berasal dari Pemerintah kota (Pemkot), dan juga Pemerintah provinsi (pemprov).

“Terkait pilkada serentak, baik itu pemilihan wali KOTA (Wako) dan juga pemilihan gubernur (Pilgub),” kata dia.

Sebelumnya, pihaknya telah mengajukan dana Rp 28,5 miliar untuk penyelwnggaran Pilwako. Untuk 2017, sudah dianggarkan sekitar Rp 5 miliar sebagai dana penyelenggaraan Pilwako tahap awal.

“Tahun ini, sekitar Rp 5 miliar kita ajukan sudah disetujui. Tinggal menunggu pencairannya saja, guna pelaksanaan tahapannya,” bebernya.

Ketua KPU, M Takhyul SIP menambahkan, kalau sejauh ini pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan. Khususnya, kantornya mulai dilakukan beres-beres gudang untuk menyambut proses tahapan Pilwako tersebut.

“Tahun ini, tahapannya sudah berjalan. Sekarang ini, kita tengah menyusun sejumlah persiapan. Baik untuk sosialisasi ataupun pelaksanaanya,” pungkasnya. (06)

News Feed