oleh

Tujuh Vaksin Dianjurkan untuk Remaja

-Kesehatan-185 views

PRABUMULIH – Selain bayi dan anak-anak, pemberian vaksin ternyata juga perlu diberikan kepada remaja bahkan orang dewasa.

Namun, tak seperti vaksin gratis untuk anak-anak. Khusus vaksin remaja tak disediakan secara gratis oleh Pemerintah Pusat. “Ada di Rumah Sakit tapi tidak gratis,” kata dr Dedianto Sp A.

Menurut dr Dedi, vaksin yang dianjurkan untuk remaja tersebut yakni vaksin TDAP, Influenza, HPV, Typoid, Hepatitis A, Dengue dan Varicella. “Ada imunisasi yang belum diperoleh pada usia sebelumnya dapat di berikan pada saat usia remaja,” kata dr Dedi.

Disampaikan dr Dedi, pentingnya vaksin dikarenakan remaja merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi. “Saat anak bertambah usia, perlindungan yang ditimbulkan imunisasi akan berkurang. Sehingga perlu imunisasi ulangan atau penguat agar remaja tetap sehat,” terangnya.

Saat ini kata dia, sudah banyak masyarakat yang juga melakukan vaksin remaja. “Sudah ada, sama seperti vaksin anak vaksin remaja juga banyak,” terangnya menuturkan rata-rata vaksin remaja diikuti oleh kalangan menengah.

Berikut Jenis vaksin remaja dan keguanaannya, seperti yang disampaikan oleh dokter Dedianto Sp A:

1. Vaksin Tdap
Vaksin Tdap memberikan perlindungan terhadap penyakit tetanus, difteri, dan pertusis.
Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat ditemukan di tanah. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui adanya luka di kulit. Penyakit ini menyebabkan spasme otot yang dapat berujung kepada kematian akibat kesulitan bernapas.
Difteri berupa adanya selaput tebal di bagian belakang hidung atau tenggorokan sehingga penderita sulit bernapas Penyakit ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan otot napas dan gagal jantung. Pertusis Penyakit ini disebut juga dengan batuk rejan atau batuk seratus hari.

Kapan anak remaja perlu diberikan vaksin Tdap? Vaksin Tdap ini memang sudah diberikan sejak bayi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan pemberian vaksin ini mulai usia 2 bulan. Pada remaja, vaksin Td atau Tdap sebaiknya diberikan saat usia 10-12 tahun dan dilakukan pengulangan kembali (booster) Td setiap 10 tahun.

2. Vaksin influenza
Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Dapat menular kesiapa saja dan sangat berbahaya terutama pada ibu hamil dan orang yang memiliki penyakit paru

Kapan anak remaja perlu vaksin influenza? Vaksin influenza dapat diberikan sejak anak usia 6 bulan. Pada remaja, vaksin ini dapat diulang setiap 1 tahun.

3. Vaksin HPV
Human papillomavirus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks pada wanita. Virus ini biasanya menular melalui hubungan seksual.

Kapan anak remaja perlu vaksin HPV? Vaksin HPV diberikan mulai usia 10 tahun. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali. Apabila diberikan pada remaja usia 10-13 tahun, pemberian cukup 2 kali dengan interval 6-12 bulan.

4. Vaksin Tifoid
Demam tifoid atau yang sering disebut tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Infeksi tersebut menular lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi. Apabila tidak segera ditangani, tifoid dapat menimbulkan komplikasi yang serius seperti penurunan kesadaran karena menyerang otak dapat menimbulkan kematian.

Kapan anak remaja perlu diberikan vaksin tifoid? Vaksin tifoid dapat diberikan sejak anak usia 2 tahun. Pada remaja, vaksin ini dapat diulang setiap 3 tahun.

5. Vaksin Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit disebabkan oleh virus. Virus tersebut ditemukan pada feses orang yang terinfeksi kemudian menyebar ke orang lain melalui makanan yang terkontaminasi.

Kapan anak remaja perlu diberikan vaksin hepatitis A? Vaksin hepatitis A dapat diberikan sejak anak usia 2 tahun. Pada remaja, vaksin ini dapat diberikan sebanyak 2 kali dengan interval 6-12 bulan.

6. Vaksin Varicella
Varisela (cacar air) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Komplikasi yang dapat ditimbulkan mulai dari infeksi kulit, infeksi paru, kerusakan otak hingga kematian.

Kapan anak remaja perlu diberikan vaksin varisela?Vaksin varisela diberikan setelah usia 1 tahun. Diberikan 1x tapi bila diberikan pada usia lebih dari 13 tahun, maka perlu diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 4 minggu.

7. Vaksin Dengue
Virus dengue merupakan penyebab dari demam berdarah.

Kapan anak remaja perlu diberikan vaksin dengue? Vaksin dengue diberikan pada usia 9-16 tahun. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 kali dengan interval 6 bulan.

Lengkapilah imunisasi untuk melindungi diri dari penyakit penyakit yang sebenarnya dapat di cegah dengan imunisasi.(08)

Komentar

News Feed