oleh

Transgender Bisa Punya KTP-EL

//Jika Miliki Surat Putusan Pengadilan

PRABUMULIH – Bagi transgender, sekarang bisa punya KTP-EL. Asalkan, bisa memenuhi syarat telah ditentukan.

Karena, di Indonesia hanya mengenal kelamin laki dan perempuan. Dan, tidak ada yang lain. Jika transgender, karena telah operasi kelamin. Makanya, statusnya jelas lelaki atau perempuan.

Penetapan status itu, harus mengantongi surat putusan Pengadilan Negeri (PN). Jika mengantongi hal itu, baru bisa memiliki KTP-EL sesuai kelamin dimiliki sekarang.

Contohnya, Apriliana Manganang tadinya, statusnya sebagai perempuan dan telah melakukan operasi kelamin sekarang ini statusnya laki-laki diputus lewat PN.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil), Haryadi SH MM dikonfirmasi melalui Kabid Pencatatan Sipil (Capil), Rivan membenarkan hal itu.

“Informasinya memang demikian, tetapi kita masih menunggu juklak dan juknis dari Kemendagri,” ujarnya kepada awak media, Selasa (15/6/2021).

Sejauh ini, kata dia, di Prabumulih belum ada transgender mengajukan pembuatan KTP-EL.

“Kalau hanya bergaya perempuan atau bergaya laki-laki saja. Tanpa adanya operasi kelamin, dan juga ditetapkan PN. Status kelaminnya, tidak bisa diubah masih sesuai kelamin aslinya. Jangan salah paham, itu sudah aturanya,” tukasnya.

Lanjutnya, sesuai jika sudah berusia 17 tahun memang wajib mengantongi KTP-EL, untuk pendataan penduduk. “KTP-EL, bagian dari pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk),” ucapnya. (03)

Komentar

News Feed