oleh

TPP Paling Rendah Rp1,25 Juta

-Metropolis-664 views

PRABUMULIH – Pegawai negeri sipil (PNS) bakal tersenyum sumringah. Betapa tidak, Pejabat Sementara (PJs) Wali Kota H Richard Chahyadi AP MSi kembali menegaskan bahwa Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) akan segera dibayarkan paling lambat di awal Mei ini.

Richard bahkan menjamin anggaran untuk pembayaran TPP tersebut. “TPP anggaranya ada, kalau ada yang pesimis dengan anggaran tersebut itu berarti orang itu tidak suka kebijakan yang bersifat positif. Apalagi dikait-kaitkan dengan nuansa politik dan itu jangan diragukan,” tegasnya.

Di tanya lebih dalam mengenai anggaran tersebut terlebih apakah ada pos anggaran tersendiri dan besarannya, dirinya menyebutkan. “Itu nanti akan kita jelaskan, yang jelas dananya tersedia,” katanya.

Untuk itu, mengenai anggaran TPP tersebut disampaikannya kemungkinan tidak akan dibahas di Paripurna. “Anggaran itu sudah ada tapi kalaupun kurang nantinya itu kita masukan ke Paripurna untuk penambahan di anggaran belanja tambahan (ABT) nanti,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk rincian mengenai kenaikan TPP tersebut. “Itu sudah kita umumkan,” katanya.

Adapun rincian tersebut diketahui, untuk sekda mencapai Rp10 juta rupiah, tingkat Eselon II B Rp5 juta rupiah, Tingkat Eselon IIIA/B Rp2,5 juta rupiah, tingkat Esseloan IV A/B Rp1,8 juta. Lalu, untuk staff golongan IV Rp1,6 juta, Golongan III Rp1,4 juta, Golongan I dan II yakni Rp1. 250.000 ribu rupiah. “Jadi bisa hitung sendiri lah kenaikan TPP itu berapa persen,” tukasnya.

Terpisah, Sekda Pemkot Prabumulih, H M Kowi Ssos MSi menyebutkan bahwa mengetahui kenaikan TPP paling kecil sebesar Rp1, 250.000 ribu rupiah. “Sedangkan paling tinggi itu yakni Rp10 juta rupiah untuk jabatan Sekda. Namun, hal itu belum dikurang PPH,” terangnya.

Tambahnya, untuk rincian lainnya dirinya mengakui hal tersebut masih dalam pembahasan. “Itu nantinya masih ada rincian-rincian karena itu kan diatur di dalam perwako,” tandasnya saat itu.

Di tempat yang sama, Kabag Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Bustomi SE menambahkan saat ini Perwako masih dalam proses, dan mengenai jumlah anggaran TPP itu dirinya belum dapat menyebutkan berapa jumlah dana keseluruhan untuk pembayaran TPP tersebut. “Anggaran itu ada, khusus dari APBD, tapi perwako belum final. Jadi tunggulah beberapa hari lagi,” pungkasnya singkat seraya menyebutkan untuk kisaran rinciannya kan sudah diketahui.

Sementara, salah satu pegawai Non Eselon di lingkungan Pemkot Prabumulih, menyebutkan, dengan adanya kenaikan TPP itu tentunya hal yang dirinya nanti-nantikan. Terlebih, dalam waktu dekat yang akan memasuki bulan ramadhan. “Dulukan TPP ini Rp600 ribu rupiah. Jadi kalau naik Rp1,2 juta itu kan lumayan besar, kurang lebih naik 100 persen lah,” pungkas pegawai yang berdinas di kantor perwakilan rakyat itu, yang minta tak sebutkan namanya. (01)

News Feed