oleh

TPK Harus Jaga Kualitas Karet

PATIH GALUNG – Untuk mendapatkan penawaran harga tinggi, tempat pengumpul karet (TPK) harus jaga kualitas karet yang akan dijual. Apalagi TPK yang baru bergabung di koperasi untuk mendapatkan harga sesuai dengan hasil lelang.
Di Koperasi Balam Sejahtera kemarin (8/2), setidaknya ada satu TPK yang terbilang pendatang baru, sempat tidak ada calon pembeli yang menawar. Apalagi para pembeli belum mengetahui kualitas harga karet yang akan dijual.
“Ini kita masih menunggu calon pembeli yang bersedia membeli sebanyak 10 ton karet dari TPK yang baru gabung di balam sejahtera,” tutur Ketua Koperasi Balam Sejahtera, H Albidin usai melaksanakan lelang kemarin (8/2).
Ia mengatakan, sejauh ini ada sebanyak 7 TPK yang ada di Koperasi Balam Sejahtera dengan jumlah tonase sebanyak 119 ton. Jumlah tersebut tersebar hingga di Pali dan Muara Enim. “Kita senang ada penambahan satu TPK dengan tonase sebanyak 10 ton, biasanya jumlah tonase juga menentukan nilai jual,” katanya seraya mengatakan tender bulan ini harga karet meningkat pada angka Rp15 ribuan dari sebelumnya Rp13 ribu.
Sementara salah seorang pembeli karet dari Pabrik Seriterang Lingga Sejahera (SLI), Sol mengatakan, berani membeli 10 ton karet yang tersisa karena telah mendapat jaminan kualitas dari ketua TPK.
“Kalau memang kualitasnya tidak baik, ya kita tinggalkan saja. Kita berani ambil karena kualitasnya bagus. Selain itu kita kasian banyak yang menawar tidak ada yang menawar,” tandasnya.
Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prabumuih Junaida SE MM melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan pengawasan, Samtoni SPd ikut memantau proses pelelangan di Koperasi. Hal ini dilakukan dalam upaya memantau sekaligus menampugn aspirasi masyarakat.
“Kita senang harga karet sudah naik, dengan begitu semuanya akan merasakan dampaknya, Meski tidak memilki kebun karet sekalipun. Pasar mulai rame,pemilik warung akan terus meyalani pembeli dan par apetani juga makin semangat merawat kebunnya untuk menghasilkan jumlah karet yang banyak,” tandasnya. (03)

News Feed