oleh

Tingkatkan Mutu Pelayanan Sesuai Standar Kemenkes

-Kecamatan-13 views

//Pandemi, Re Akreditasi  Ditunda

PRABUMULIH – Standar instrumen akreditasi Puskesmas ditahun mendatang akan mengalami perubahan.

Nah, terkait perubahan itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Prabumulih menggelar workshop standar instrumen akreditasi puskesmas 2019 di aula PSC 119 sejak Rabu – Kamis (22/20/2020).

“Tujuannya mensosialisasikan Instrumen baru dari instrumen penilaian sebelumnya. Instrumen ini disosialisaikan, sampai nanti ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (permenkes) untuk digunakan sebagai instrumen penilaian akreditasi puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo T MPH didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ersyika Aryani melalui Kasi Yankes Primer Lasia Warni SKM MSi Rabu (21/10/2020).

Lasia Warni yang merupakan pendamping akreditasi menuturkan, kegiatan ini nantinya menjadi acuan bagi puskesmas untuk menerapkan standar instrumen akreditasi. “Tujuannya untuk mencapai mutu pelayanan puskesmas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

Adapun kegiatan workshop standar instrumen akreditasi diikuti oleh 55 peserta. “Peserta dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas  yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Kasubbag TU, dan 3 orang ketua pokja akreditasi puskesmas,” jelasnya.

Disinggung mengenai re akreditasi tahun 2020 ini, Lasia mengakui jika re akreditasi ditunda akibat pandemi covid-19. Penundaan survei re akreditasi sesuai dengan surat edaran dari Pusat. “Survei tahun ini ditunda, jadi yang harusnya survei re akreditasi, statusnya diperpanjang masih sama dengan tahun 2019. Tapi Jadi hanya survei yang ditunda, untuk proses pendampingan dan workshop tetap dilaksanakan,” jelasnya mengatakan 3 puskesmas yang harusnya re akreditasi yakni puskemas Cambai, Tanjung Raman dan Tanjung Rambang.

Dalam kesempatan itu, ibu dari M Absyar Aidan Ahza ini membeberkan status puskesmas saat ini. Untuk Puskesmas Barat, Tanjung Raman, Sukajadi, Gunung Kemala, Karang Raja dan puskesmas Timur yakni Madya. Sementara status puskesmas Cambai dan Tanjung Rambang masih terakeditasi Dasar dan puskesmas Pasar menjadi satu-satunya puskesmas dengan akreditasi Utama.

Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo MPH berpesan kepada peserta workshop untuk memanfaatkan waktu belajar dengan baik. “Mutu pelayanan puskesmas harus terus ditingkatkan, sehingga apa yang menjadi acuan atau yang telah ditetapkan harus difahami dengan baik,”tukasnya.

Sementara itu, kegiatan diisi oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dan Surveior Akreditasi Puskesmas di wilayah Prov Sumsel.(08)

 

Komentar

News Feed