oleh

Tindak Tegas Melawan Arus. Rentan Picu Lakalantas

PRABUMULIH – Melawan arus khususnya di perlintasan kereta api (KA) di Simpang Eks RSUD menjadi salah satu fokus sasaran Operasi Patuh Musi 2019 digelar selama 14 hari ke depan dimulai, Kamis (29/8) setelah resmi dilakukan gelar operasi di Halaman Mapolres. Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH dikonfirmasi, khususnya masalah melawan arus di rel KA disiagakan petugas. Selain itu, akan diberikan sanksi tegas karena membahayakan diri sendiri dan orang lain dan bisa memicu kecelakaan lalulintas (Lalulintas).

“Sanksi tegas kita berikan berupa tilang, guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh berlalu lintas,” ujar Tito, sapaan akrabnya dibincangi koran ini, Kamis (29/8). Selain itu, kata dia, masalah helm juga tidak luput dari sasaran Operasi Patuh Musi 2019. Disadarinya, padahal sangat membahayakan berkendara tidak pakai helm khususnya pengguna sepeda motor.

“Masyarakat kita ini susah pakai helm, kita imbau pakai helm SNI demi keamanan. Selain itu, jangan menggunakan handphone ketika berkendara. Karena, jelas tidak aman dan berbahaya,” imbau suami Mona Tobing ini. Ayah tiga anak ini berpesan, selama Operasi Patuh Musi 2019, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani SOP yang ada.

“Samakan persepsi serta hindari perdebatan dengan pelanggar lalu lintas dan tindakan pungli, lakukan tugas operasi ini dengan baik tanpa komplain dari masyarakat pengguna jalan,” jelas perwira berpangkat dua melati. Sementara itu, Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti SIk menambahkan, kalau ada 8 target sasaran Operasi Patuh Musi 2019. Antara lain; tidak menggunakan helm SNI, berkendara dibawah umur, gunakan HP ketika berkendara.

“Lalu, tidak pakai sabuk keselamatan ketika berkendara. Melebihi batas kecepatan, melawan arus lalu lintas, berkendara dalam keadaan mabuk, dan penggunakan rotator/strobo,” tukasnya. Ungkapnya, ia mengaja pengguna jalan khususnya pengendara untuk mematuhi peraturan sehingga tidak terjaring razia petugas sejak 29 Agustus hingga 11 September tengah mengelar Operasi Patuh Musi 2019.

“Sebanyak 23 personel kita libatkan dalam Operasi Patuh Musi kali ini, untuk melakukan penindakan bagi pelanggar,” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed