oleh

Tim Gabungan “Sapu” Alat Peraga Kampanye

PRABUMULIH – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bersama instansi terkait, dini hari kemarin (24/6) bergerak melakukan penertiban terhadap ratusan Alat Peraga Kampanye (APK).
Baik itu, Pemilihan Wali Kota (Pilwako) ataupun Pemilihan Gubernur (Pilgub). Hasilnya, ratusan APK yang dikumpulkan dalam dua truk mobil. Penertiban yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panwascam dan PTPS, Badan Kesbangpol, Sat Pol PP, kepolisian, dan lainnya sendiri berlangsung hingga pukul 04.00 WIB.
“Semua APK di 37 kelurahan/desa, semuanya sudah kita tertibkan dan sterilkan. Mudah-mudahan, tidak ada lagi di masa tenang ini. Jika masa ada, kita minta pemerintah terkait untuk menurunkannya. Karena, penertiban APK tersebut kita melibatkan semuanya,” ujar Ketua Panwaslu, Herman Julaidi SH ketika dikonfirmasi, kemarin.
Sambungnya, penertiban tersebut melibatkan 60 personel gabungan yang dibagi menjadi dua kelompok. Ketika penertiban sendiri, kata dia berlangsung lancar tanpa kendala di lapangan.
“Satu kelompok ke arah Pangkul dan satu kelompok ke RKT dan Patih Galung. Ada sekitar 60 personel gabungan yang kita libatkan pada penertiban ini, masa tenang 24-26 Juni tidak ada lagi kegiatan berbau kampanye. Termasuk juga, APK semuanya harus steril,” bebernya.
Sementara itu, Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP menyebutkan, kalau sebelum penertiban sudah dilakukan survei bersama titik-titik APK tersebut secara bersama-sama.
“Sesuai ketentuan, memang seluruh APK selama masa tenang harus disterilkan tanpa terkecuali. Baik itu, Pilwako ataupun Pilgub. Masa tenang sendiri 3 hari sebelum pencoblosan,” kata dia.
Ucapnya, jika masih ada APK selama masa tenang nantinya. Ia akan kembali berkordinasi dengan Panwaslu, untuk melakukan penertiban. “Tadi malam, semua APK sudah ditertibkan,” tandasnya. (03)

News Feed