oleh

Tiga Napi Anak Terima Remisi Sebulan. Peringatan HAN

PRABUMULIH – Pada peringatan hari anak nasional (HAN), tahun ini sebanyak tiga nara pidana (Napi) anak tengah menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB mendapatkan remisi atau pemotongan masa hukuman. Remisi diterima ketiga napi anak tersebut, peranan menerima sebulan. Dan, sudah diterima oleh ketiga napi anak tersebut, kini masih menjalani hukumannya setelah diputus pengadilan.

Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama AMd IP SH melalui Kasubsi Peltah, Yusup SH dikonfirmasi membenarkan hal itu. Ketiga anak tersebut, merupakan napi kasus pencurian. “Tidak hanya remisi hari raya dan 17-an saja, napi anak juga mendapatkan remisi di peringatan HAN. Tahun ini, napi anak di kita ada tiga orang menerima remisi satu bulan,” akunya kepada koran ini, Rabu (24/7).

Akunya, persyaratan remisi anak juga tidak jauh berbeda pada remisi umum lainnya. Kata dia, diusulkan secara online ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) Sumatera Selatan (Sumsel). “Sudah lewat usulan online, disetujui hanya tiga napi anak mendapatkan remisi,” kata dia.

Dia menerangkan, syarat mendapatkan remisi tersebut. Diantaranya; sudah berstatus napi dan berkekuatan hukum tetap, minimal menjalani hukuman 3 bulan, mengikuti program pembinaannya, tidak melanggar aturan dan ketentuan, dan lainnya. “Kalau syarat tidak dipenuhi, tidak akan kita usulkan. Dan, tidak akan menerima remisi. Seperti remisi pada umumnya, memang hak napi tetapi aturan harus dipatuhi,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed