oleh

Tiga Kecamatan Tak Bisa Rekam KTP EL

CPU Komputer Rusak

PRABUMULIH – Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL) ditiga Kecamatan terhenti sementara.

Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Prabumulih Timur, Kecamatan Cambai dan Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Haryadi SH MM mengatakan, kerusakan sudah diperbaiki. Adapun alat yang rusak yakni CPU (Central Processing Unit) atau prosesor merupakan otak dari komputer.“Yang rusak CPUnya, jadi komputernya rusak tidak hidup,” kata Haryadi Rabu (30/10).

Disinggung terkait kerusakan yang terjadi, apakah kedepan alat-alat perekaman KTP El seperti komputer akan diganti. “Insyallah nanti melihat kondisi keuangan, mungkin pengadaan. Tapi kalau untuk jaringan tidak ada masalah, hanay CPU saja yang rusak, dan sudah mulai perbaikan,” bebernya.

Kabid Pengelolaan informasi adminitrasi kependudukan Nodirullah SKom menambahkan, kerusakan terjadi karena memang komputer sudah lama. “Itu karena memang sudah lama, kemudian juga sudah berat isinya,” kata Nodi.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat perekaman bisa kembali dilakukan. Sebab, CPU sudah diperbaiki. “Tinggal disetting saja, mungkin beberapa hari lagi normal kembali,” terangnya.

Terpisah Camat Prabumulih Timur Joni Panhar melalui Kasi Pemerintah Septriyanti SH membenarkan perekaman di kecamatan Timur tak berfungsi. “Itu mungkin sekitar 1 bulan ini, tapi sudah diperbaiki tinggal satu lagi belum. Dari capil juga sudah datang,” imbuhnya.

Dengan tak berfungsinya alat perekaman, lantaran CPU yang rusak. Sementara waktu kata Sepri warga yang akan merekam dialihkan ke Kecamatan lain. “Ada yang datang, tapi kita suruh ke kecamatan yang tidak rusak. Sementara untuk kepengurusan lain tetap jalan seperti biasa, hanya rekam KTP yang tidak bisa,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed