oleh

Tiga Hari Tinggal, WNA Wajib Lapor. Termasuk Tenaga Asing Perusahaan

-Metropolis-83 views

PRABUMULIH – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengimbau, agar warga negara asing (WNA) berdomisili minimal 3 hari di Prabumulih diwajibkan melaporkan kepada pihaknya. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Ir Bambang Sukaton, itu merupakan sudah aturan dan ketentuannya. Kata dia, termasuk juga, WNA yang bekerja diperusahaan wajib dilaporkan.

“Kalau pribadi, WNA itu sendiri melaporkan kepada kita. Kalau perusahaan, minimal ada pemberitahuan kepada Disnaker,” ujarnya kepada awak media, Rabu (31/7). Bambang menerangkan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengawasan dilakukannya kepada WNA yang berdomisili dan masuk ke Kota Nanas ini. “Sebagai antisipasi, hal-hal tidak diinginkan terjadi. Sudah menjadi kewajiban, Disnaker untuk melakukan pengawasan WNA,” sebutnya.

Ungkapnya, khusus di Prabumulih sendiri. Kata dia, belum terdeteksi orang asing atau WNA bekerja dan berdomisili di Prabumulih. Disinggung, adanya WNA yang berjalan-jalan di wilayah Prabumulih. Kemungkinan, berasal dari kabupaten tetangga. “Bisa saja dari Muara Enim, karena ada PT GHEMMI bergerak dibidang pembangkit tenaga listrik. Kalau kita sejauh ini, tidak ada orang asing yang berdomisili dan bekerja di Prabumulih,” tukasnya.

Sambungnya, di Prabumulih sendiri. Ada sekitar 400 perusahaan, bergerak dan beroperasi di Bumi Seinggok Sepembuyian ini. “Makanya, kalau ada WNA bekerja di perusahaan wajib dilaporkan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed