oleh

Terpilih, Bacaleg Notaris Wajib Tak Praktik

PRABUMULIH – Sejumlah bakal calon legislatif (bacaleg) yang berasal dari notaris diwajibkan tidak praktik, jika terpilih nantinya sebagai wakil rakyat atau anggota dewan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), M Takhyul Hamid SIP melalui Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara, Wawan Irawan SSi menyebutkan, aturan tersebut masuk syarat bakal calon yang ditetapkan KPU. Selain itu juga, tercantum dalam Undang-Undang (UU) No 10/2008, Pasal 50 tentang pemilu.

“Tetap bisa nyalon, notaris asalkan bersedia menyerahkan surat berhenti untuk berpraktik. Jika nantinya, terpilih sebagai anggota DPRD,” kata Wawan kepada koran ini, kemarin (9/8).

Kata dia, bukan hanya notaris yang dilarang berpraktik jika terpilih. Begitu juga, pengacara atau advokat. Lalu, akuntan publik, pemborong, dan lainnya.

“Disebabkan profesi sangat rentan atau berpengaruh dengan konflik kepentingan atau berhubungan dengan pelayanan publik. Maka, wajib tidak praktik kalau terpilih sebagai anggota dewan,” bebernya.

Kata dia, tidak ada larangan untuk mencalonkan diri bagi semuanya. Termasuk juga, PNS dan TNI-Polri. Tetapi, syaratnya kata dia harus mengundurkan diri sebagai PNS ataupun TNI-Polri.

“Siapa saja bisa mencalonkan diri, tetapi harus memenuhi aturan dan ketentuan,” pungkasnya. (03)

News Feed