oleh

Terkumpul Rp160 Juta, HD Galang Dana Pembangunan Masjid

MARTAPURA – Ada yang berbeda dalam kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM, kemarin (2/12) sekitar pukul 10.00 WIB di Desa Terantang Sakti, Kecamatan BP Peliung Kabupaten OKUT.

Pasalnya, pria yang akrab dengan panggilan HD (Herman Deru,red) ini spontan menggalang dana sumbangan pembangunan masjid Darunnjanah Desa Terantang Sakti di sela-sela acara Pengajian Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Awalnya, HD secara pribadi menyumbang pembangunan masjid tersebut senilai Rp50 juta. Selanjutnya memanggil ketua pembangunan masjid dan menyerahkan uang sumbangannya tersebut.

Tepuk tangan gembira terdengar dari jemaah yang hadir. Pada saat itulah, secara reflek ia menyebut beberapa nama pejabat di lingkungan Pemrov Sumsel yang turut hadir dalam kunker.

”Kita semua ingin masuk surga kan?” ujar Deru. Sembari meminta pejabat setingkat kepala dinas Pemrov Sumsel memberi sumbangan. ”Ayo…kepala dinas nyumbang,” kata HD. Langsung saja pejabat tersebut memberi sumbangan masjid dengan nilai bervariasi antara Rp 5 juta hingga Rp10 juta.

Tak hanya ’menodong’ pejabat di bawahnya, Deru juga melakukan aksi serupa kepada Bupati OKUT HM Kholid Mawardi, Wakil Bupati Fery Antony, Ketua DPRD OKUT Beni Defiton, pejabat Pemkab OKUT, calon anggota legislatif (caleg), calon DPD hingga pengusaha.

”Gak papa dengan cara seperti ini, yang penting masjid Darunnajanah jadi,” ujar DH sembari tertawa. Aksi yang ia lakukan tersebut menuai hasil. Setidaknya terkumpul sekitar Rp160 juta dana pembangunan masjid tersebut.

HD mengingatkan, ketika ia menjabat bupati OKUT dua periode, ia melarang masjid memasang kotak sumbangan di pinggir jalan. ”Saya minta tidak perlu masang sumbangan di pinggir jalan untuk membangun masjid. Umat dan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk membangunnya,” pungkas Deru seraya mengatakan untuk tetap menjaga persatuan dan silaturrahmi. (asa)

News Feed